PEMBERDAYAAN UMKM PENGRAJIN TOPENG DEWA SUDA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI DESA KENDERAN, TEGALLALANG GIANYAR
Kata Kunci:
Nama, Logo, Media Sosial, PembukuanAbstrak
Pandemi Covid-19 di Indonesia pertama kali di deteksi pada 2 Maret 2020. Banyak sektor yang terdampak akibat pandemi ini, salah satunya adalah sektor pariwisata. Berkurangnya wisatawan yang datang ke Indonesia mengakibatkan turunnya perekonomian di sektor pariwisata khususnya Bali, karena sebagian besar peduduk Bali mata pencahariannya bergerak di sektor pariwisata. I Dewa Putu Suda Wijaya adalah salah satu pekerja pariwisata yang terkena dampak pandemi, sehingga ia memutar otak untuk dapat melanjutkan hidup nya dengan membuka usaha pengrajin topeng bali. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Masyarakat yang menjadi sasaran yaitu UMKM pengrajin topeng Dewa Suda. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan yang dihadapi UMKM yaitu belum memiliki nama dan logo usaha, belum paham mengenai pentingnya media sosial sebagai media promosi online dan belum menerapkan pembukuan. Melihat kondisi tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat hadir untuk membantu UMKM dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan terkait permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya nama dan logo usaha, promosi melalui media sosial dan pentingnya pembukuan pada sebuah usaha.
Referensi
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.
Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19-24.
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian ndonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191-202.
Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Eka Cida, 1(1).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal ommon, 3(1), 71-80.
Prativi N, A., Agustina P, D., & Nasehati S, S. (2019). Pelatihan Pembukuan Sederhana UMKM Pada Anggota KSU Hasta Mandiri Kota Magelang.
Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.
Spagnuolo, G., De Vito, D., Rengo, S., & Tatullo, M. (2020). COVID-19 Outbreak: An Overview on Dentistry. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), 3–6.