STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM TAS ROTAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA KERAMAS
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Covid-19, UMKMAbstrak
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen untuk membeli suatu produk yang mereka inginkan dan sangat dibutuhkan . Jadi mereka akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Namun dimasa pandemic covid-19 ini banyak UMKM mengalami penurunan drastis. Di jaman sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan media untuk mempromosikan barang/produk agar lebih mudah untuk di dapatkan seperti shopee, Lazada, Toko Pedia, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Sayangnya masih banyak pelaku UMKM yang belum menerapkan belanja online ini. Salah satunya di UMKM Tas Rotan yang kurangnya media untuk mempromosikan barang/produk. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu UMKM melakukan pemasaran produk. Cara yang saya terapkan disini yaitu membuatkan akun media sosial instagram dan pembuatan web untuk mempermudah cara pemesanan produk. Disamping itu pendampingan juga dilakukan dalam hal membuat brosur dan juga pamflet UMKM Tas Rotan. Dalam melakukan penelitian ini kami menggunakan metode observasi, pelatihan, dan juga pendampingan. Setelah kami melaksanakan metode tersebut UMKM Tas Rotan Bali sangat berterimakasih kepada tim pengabdian kepada masyarakat, karena mitra bisa mengenal applikasi dengan mudah. Setelah tim pengabdian masyarakat melakukan pelatihan, kemudian kami mengajarkan mitra menggunakan applikasi tersebut. Saran kepada mitra semoga program program hasil pendampingan tim pengabdian kepada masyarakat dapat bermanfaat terutama dapat digunakan dalam kondisi pandemi seperti saat ini.
Referensi
Abdika L. 2014. Analisis Formulasi Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran UMKM Penghasil Kerajinan Sulam Usus (Studi Kasus pada Galeri Aan Ibrahim di Bandar Lampung). Fakultas Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Bandar Lampung.
Hartanto, A. B., & Kholil, M. (2018). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi Kasus : Pada Perusahaan Trading PT. PTG). Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 1(2), 1– 5. Retrieved from https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/ratih /article/view/54.
Putra, D. S., & Djazuli, A. (2013). Pengaruh Strategi Resource-Based terhadap Keunggulan Bersaing yang Dimediasi oleh Orientasi Kewirausahaan (Studi pada Usaha Kecil Menengah Sasirangan Kota Banjarmasin). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 392–398. Retrieved from https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/artic le/view/122.
Sutanto, H. A., Sudantoko, D., & Maktub, S. (2012). Strategi Peningkatan Keberdayaan Industri Kecil Konveksi Dengan Analiysis Hierarchy Process (AHP). JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 5(1), 15–25.
Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset