SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SERTA SISTEM PEMBELAJARAN YANG INOVATIF PADA ANAK DI DESA BITERA
Kata Kunci:
sosialisasi, platform digital, bimbingan belajarAbstrak
Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi pandemi COVID-19. Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait pandemi COVID 19. Adanya Surat Edaran No.4 Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu wujud serius pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemi COVID-19 dengan pemberlakuan pembelajaran daring/jarak jauh. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan observasi dan wawancara langsung dengan masyarakat sasaran mengenai permasalahan yang dihadapi kemudian dilanjutkan dengan mengadakan bimbingan belajar dan memberi sosialisasi tentang media belajar daring yang berupa zoom, google classroom dan google meet terhadap siswa yang ada di Lingkungan Roban, Desa Bitera, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.. Hasil evaluasi berupa pemberian kuisioner menunjukkan bahwa mitra memberikan respons yang positif yaitu 96,46% terhadap pelaksanaan edukasi dan juga sosialisasi yang dilakukan.
Referensi
Amalia, A., & Sa'adah, N. (2021). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-225.
LPPM Unmas. (2020). Buku Panduan Pengabdian pada Masyarakat Peduli Bencana COVID-19. Denpasar: LPPM Unmas Denpasar.
Harsono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (untuk pemula). Sukoharjo : Jasmine
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masyarakat berpenghasilan rendah. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7, 639-648.
Wargadinata, W., dkk. (2020). Student’s Responses On Learning In The Early COVID-19 Pandemic. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 5 (1), 141-153.
Wong, G. L. H., dkk (2020). Handbook On Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience In Maintaining Undisrupted Learning In COVID-19 Outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University