PENGEDUKASIAN UMKM DENGAN PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL DAN PENCEGAHAN COVID-19 DI UMKM REDMOON COFFEE

Penulis

  • I Kadek Aldy Setiawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Nyoman Mantra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Sri Widiastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Penyuluhan, Pembukuan, Promosi, UMKM

Abstrak

Dengan adanya pademi COVID-19, memberikan dampak perlambatan ekonomi global mulai dirasakan di dalam negeri, seperti UMKM yang mengalami penurunan penjualan karena tempat yang biasa memasarkan produk terpaksa ditutup untuk sementara waktu sehingga beberapa UMKM mengalami penurunan pendapatan. Seperti halnya salah satu UMKM yang terdapat di Desa Batubulan, Gianyar, yaitu UMKM Redmoon Coffee, usaha yang menyediakan aneka makanan dan minuman kopi. Salah satu permasalahan yang terungkap dari hasil observasi masyarakat Desa Batubulan akibat COVID-19 yaitu menurunnya omzet pendapatan UMKM akibat adanya pandemi, belum adanya pencatatan pembukuan dalam menghitung laba dan rugi penjualan dan juga belum optimalnya pencegahan virus COVID-19. Melihat kondisi tersebut, pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu UMKM melakukan promosi media sosial, dengan cara memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran yang lebih efisien dan efektif melalui media sosial facebook dan memberikan edukasi terkait pembukuan laba rugi dan penyuluhan mengenai cara pencegahan penyebaran COVID-19 di UMKM Redmoon Coffee.

Referensi

Amri, A. (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia’, Jurnal Brand, 2(1), pp. 123–130. Available at: https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid 19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia.

Bahtiar & Saragih (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan’, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12, p. 20.

Fadly, H. D. and Sutama (2020) ‘Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19’, Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Management, 5, pp. 213–222.

Hasan, S. (2021) ‘Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner selama Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : UMKM Kuliner Kota Bangkinang , Provinsi Riau )’, Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1), pp. 30–40. Available at: http://journal.al matani.com/index.php/invest/article/view/121.

Lestari Nasution, W. S., Nusa, P. and Putra, S. D. (2021) ‘Membangkitkan Umkm Di Tengah Pandemi Covid 19’, TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 1(1), p. 9. doi: 10.52362/tridharmadimas.v1i1.494.

Nabilah, S., Nursan, M. and Komang, S. (2021) ‘Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM ZEA FOOD di Kota Mataram)’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1 nomor 12(3), pp. 2655–2660.

Nina, M. A. and Matondang, N. (2021) ‘Pkm Pemasaran Sosial Media Berbasis Mobile Dalam Rangka Membantu Keterbatasan Ruang Gerak Selama Pandemi Covid-19’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), pp. 520– 530. doi: 10.31849/dinamisia.v5i2.4691.

Puspitasari, A. D., Nawawi, C. H., Nurhadiatin, S., & Hanif, A. V. (2020) ‘Analisis Peningkatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid 19’, Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas, 5(1), pp. 42–48.

Rosita, R. (2020) ‘Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia’, Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), p. 109. doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380.

Wibawa, M. I. and Budiasa, I. G. S. (2018) ‘Pengaruh Kebijakan Pemerintah, Partisipasi Masyarakat Dan Kewirausahaan Terhadap Kualitas Destinasi Wisata Pura Taman Ayun’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6, p. 1667. doi: 10.24843/eeb.2018.v07.i06.p07.

Diterbitkan

2023-06-17