OPTIMALISASI UMKM MELALUI PELATIHAN AKUNTANSI DAN DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Luh Putu Kirana Pratiwi Fakultas Pertanian Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Tamba Fakultas Pertanian Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Pandu Adi Santika Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Optimalisasi, Akuntansi, Digital Marketing, Pandemi Covid 19

Abstrak

Merebaknya virus corona, mengakibatkan pemerintah melakukan kebijakan pembatasan terhadap berbagai kegiatan aktifitas masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini sangat berdampak terhadap pelaku bisnis dengan penurunan penjualan yang sangat signifikan. Usaha Mikro Kecil Menengah {UMKM} Busana Adat Bali Ambara Collection yang berada di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung adalah salah satu usaha yang terdampak cukup parah akibat kebijakan pembatasan wilayah yang mempengaruh penurunan omzet. Oleh karena itu pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital berperan penting sebagai sarana promosi utama untuk memasarkan produk di masa pandemi yang mampu memperluas pasar dengan biaya minimum. Metode pelaksanaan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasil kegiatan yang dilaksana dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra adalah memberikan pelatihan dan pendampingan laporan keuangan, pemasaran digital lewat media sosial, pengelolaan limbah produksi dan mengimplementasikan pentingnya protokol kesehatan kepada pemilik UMKM Busana Adat Bali Ambara Collection.

Referensi

Awali, H. 2020. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Darma Nasution, D. A. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian. Jurnal Benefita 5, 212-224.

Nabilah, Sarfina. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM. Jurnal. Universitas Mataram. Vol. 1, No. 12.

Romy Aulia, Dahriansah, Yori Apridonal M,Tahun 2021. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Sarana Promosi Dan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat,Vol 1,No 1,Halaman 41-46

Diterbitkan

2023-06-17