STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA ANGGUN KEBAYA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SESETAN
Kata Kunci:
Promosi, Media Sosial, Kebaya, Online, OfflineAbstrak
Berdasarkan observasi yang dilakukan di usaha Anggun Kebaya yang berlokasi di Jl. Raya sesetan No 50, ditemukan beberapa kesulitan ekonomi yang dialami UMKM tersebut dimasa pandemi covid-19 seperti dampak pada omzet penjualan. Keluhan atau permasalahan yang lainnya adalah kurangnya pengetahuan mitra untuk menggunakan sosial media atau digital marketing untuk meningkatkan penjualan, pemahaman strategi pemasaran digital dan branding masih lemah. Mengacu pada beberapa permasalahan tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat di mitra adalah pelatihan pemasaran online untuk meningkatkan produktivitas dalam masa pandemi COVID-19 . Untuk membantu mengatasi persoalan yang dihadapi usaha Anggun Kebaya di Sesetan, maka penulis memiliki beberapa solusi yang akan diterapkan, diantaranya adalah membuatkan media sosial seperti instagram, marketplace, untuk usaha Anggun Kebaya serta ikut serta dalam mepromosikan usaha Anggun Kebaya melalui media sosial. Kegiatan lainnya adalah membantu mitra untuk pembuatan spanduk perusahaan untuk media promosi offline. Solusi yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk membantu mitra dalam mempertahankan usaha kebaya dimasa Pandemi COVID-19 dengan target memperluas jangkauan penjualan melalui digital marketing.
Metode pelaksanaan yang digunakan untuk melaksanakan program kerja adalah pelatihan, diskusi dan pendampingan mitra yang dilakukan dengan cara mendatangi mitra untuk wawancara atau observasi, dan memberikan kontribusi berupa pelatihan untuk membantu peningkatan kreativitas mitra dan dapat membangkitkan semangat mitra di masa pandemi COVID -19 di desa Sesetan .
Referensi
Anggreni, M. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaran selama Pandemi Covid-19 dengan Mediasi Kemampuan Inovasi dan Kemampuan Branding (Studi pada Pelaku UMKM yang Menggunakan Media Sosial). Jurnal Ilmu Manajemen
Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Sulaksono, J. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kedir. Generation journal, 4(1),41-47.
Sunardi, Nardi. Lesmana, Rosa. Kartono. Rudy. Hasbiyah, W. 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86.