OPTIMALISASI USAHA “ESKOBAR COFFEE AND CO” DALAM MENJAGA STABILITAS PEREKONOMIAN MASYARAKAT AKIBAT COVID-19 DI KELURAHAN PEGUYANGAN

Penulis

  • Ni Putu Della Suyantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Endiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Online Marketing, Marketplace, Pembukuan

Abstrak

Penyakit Corona Virus 2019 atau Corona Virus Disease-19 (Covid-19) adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jenis virus corona. Penyebaran virus Corona ini sangat cepat bahkan sampai ke lintas negara. Penyebaran virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian Indonesia, baik dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata. Salah satu sektor yang terdampak Covid 19 adalah UMKM. Salah satu UMKM yang terdampak Covid 19 adalah UMKM “Eskobar Coffee and Co” yang bergerak di bidang food and beverage. Dengan adanya pandemi Covid-19 memberikan ancaman tersendiri dan memaksa masyarakat untuk melakukan restriksi sosial dengan tidak melakukan kegiatan tatap muka dengan harapan untuk mengurangi tingkat penyebaran virus. Hal ini menyebabkan daya beli masyarakat turun drastis sehingga terjadi penurunan penjualan yang cukup signifikan.Selain itu lokasi usaha yang tidak berada di pusat kota dan terletak di jalur cepat juga merupakan salah satu masalah yang hadapi UMKM “Eskobar Coffee an Co”. Adapun program kerja yang diterapkan yaitu , melakukan promosi melalui media social seperti Instagram, bekerja sama dengan grab, membuat marketplace seperti tokopedia, dan melakukan pembukuan melalui microsoft excel serta sistem penggajian dengan transfer. Metode yang digunakan dalam melakukan kegiatan pendampingan terhadap mitra, adalah dengan komunikasi, sosialisasi,serta pendampingan secara langsung. Hasil kegiatan pendampingan antara lain dapat meningkatkan penjualan melalui promosi yang dilakukan di media social, mampu meningkatkan penjualan melalui aplikasi grab, mampu menjangkau pasar lebih luas melalui marketplace tokopedia, serta mampu membuat pembukuan melalui microsoft excel dan sistem penggajian dengan sistem transfer.

Referensi

Akbarrizki, M., & Zulfikhar, R. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Dagang Kedai Kopi “Strong Coffee” Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Surakarta. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 17(32), 106-120.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146- 153.

Latifa, N. H., & Rochdiani, D. (2019). Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi KADAKA CAFETARIA di Kota Bandung. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 4(1).

Lestari, D. Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Kopi Arabika Kintamani Bali Tahun 2002-2008.

Diterbitkan

2023-06-17