PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI EDUKASI PROMOSI ONLINE DAN LABELING PADA USAHA KRIPIK SINGKONG DI DESA GUMBRIH, JEMBRANA
Kata Kunci:
COVID-19, Peningkatan Penjualan, Protokol KesehatanAbstrak
Di tengah wabah Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang dirumahkan bahkan kehilagan perkerjaanya, serta masih minimnya pemahaman tentang bagaimana cara mengembangkan UMKM dimasa pandemi ini, di era new normal saat ini masalah yang kita temui iyalah bagaimana cara mengembangkan UMKM localan agar bisa tetap berkembang di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan memperhatikan permasalahan yang di dapat dalam menjalankan kegiatan KKN di Desa Gumbrih ini maka penulis memilih salah satu pelaku UMKM di Desa Gumbrih. Berdasarkan dari hasil observasi yang diperoleh permasalahan yang terjadi yaitu, adanya penurunan pendapatan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Kurangnya pengetahuan tentang cara memasarkan dan mempromosikan penjualan jasa produk melalui media sosial. Serta belum adanya banner nama usaha di area depan tempat usaha yang dijalankannya. Program pengabdian masyarakat yang akan dilakukan yaitu memberikan edukasi dalam pembuatan akun media sosial seperti facebook, tiktok dan instagram, dan memberikan edukasi mengenai pentingnya dalam pembuatan banner usaha dan pembuatan labelling di pacgaking, serta adanya pembagian masker dan hansanitizer kepada pelaku UMKM agar tetap menggunakan atau mematuhi protokol kesehatan. Tujuan utama program pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan penjualan usaha Kripik Singkong. Metode yang digunakan yaitu metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Target yang ingin dicapai dari program pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM dapat memahami dan mengaplikasikan media sosial dengan baik dalam memasarkan produk jasa, pelaku UMKM dapat memahami penting adanya banner agar para konsumen akan lebih mudah dan jelas mengetahui tata letak lokasi dan adanya label pada kemasan kripik singkong bertujuan agar terlihat menarik. Dan adanya pembagian masker bertujuan agar pelaku UMKM terhindar dari paparan virus Covid-19.
Referensi
Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UNMAS Denpasar. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPPM: Denpasar
Njoto, Dea Putri dan Sienatra, Krismi Budi. 2018. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 3(5).
Blanchard, O. 2015. Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.