PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PENGELOLAAN PEMBUKUAN PADA WR BIBI DONGANAN DI DESA ADAT KUTA

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Budiarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dewi Antari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pelatihan, Peningkatan Strategi, Media Sosial, Pembukuan, Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 mejadi permasalahan yang sedang dihadapi oleh semua orang. Salah satu dampak yang parah terjadi pada sektor ekonomi. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tempat perputaran ekonomi bagi para pelaku UMKM. Salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Bibi Donganan yang berada di Desa Adat Kuta, Kecamatan Kuta, kabupaten Badung. UMKM ini bergerak dalam bidang warung makan. Permasalahan yang ditemui dari hasil observasi dan wawancara yaitu UMKM Bibi Donganan mengalami penurunan omzet, selain itu UMKM Bibi Donganan kurang aktif dalam melakukan promosi dan kurang aktif melakukan penjualan melalui online di media sosial, dan UMKM Bibi Donganan juga kurang memahami pengelolaan pembukuan. Hal ini merupakan hal yang terpenting dalam kegiatan usaha, dengan adanya pembukuan pelaku usaha dapat mengetahui sejauh mana perkembangan usahanya. Adapun metode kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan usaha warung makan Bibi Donganan dengan melakukan penjualan secara offline ataupun online di berbagai sosial media, sehingga penjualan nasi campur bisa dilakukan secara online maupun offline dan mengedukasikan cara membuat laporan keuangan yang baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan dalam memasarkan makanan melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp dan pentingnya pengelolaan pembukuan sederhana bagi UMKM bibi donganan.

Referensi

Hendrawan, A., Handayani, T., & Hidayati, N. (2019, December). Pengelolaan Sistem Pembukuan Proses Bisnis Unit Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kota Semarang Berbasiskan Website. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj.

Kotler, Philip,. & Armstrong, Gary. (2014). Principle Of Marketing. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kusumo, H. (2018). Pemanfaatan Brosur sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada Duta Islamic School (DIS) Semarang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 88-94.

LPPM Unmas. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: UniversitasMahasaraswati Denpasar.

Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40-43.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Republika.co.id 2020. Pengaruh Covid19 pada Penurunan Omzet Usaha Mikro

Sugiri, S., & Riyono, B. A. (2011). Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Williams, D,L., Crittenden, V,L., Keo, T., & McCar- ty, P. 2012. The use of social media: an explor- atory study of uses among digital natives, Jour- nal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136

Diterbitkan

2023-06-17