UPAYA PENGEMBANGAN USAHA MELALUI OPTIMALISASI PEMASARAN DENGAN INSTAGRAM DAN PEMBUKUAN PADA UMKM RATNA FLOWERS SHOP

Penulis

  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Landra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Rindiani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

COVID-19, UMKM, Pembukuan Sederhana, Media Sosial

Abstrak

Sejak kemunculannya di akhir tahun 2019, virus Covid-19 telah menyebar di seluruh dunia serta memberikan dampak perlambatan ekonomi global yang mulai dirasakan di Indonesia. Pada tataran ekonomi global, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian domestik negara dan keberadaan UMKM Salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi ini berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan yaitu UMKM Ratna Flowers Shop yang beralamat di Jalan Raya Canggu No.100, Kerobokan, Badung, Bali. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan beberapa permasalahan pada UMKM Ratna Flowers Shop yaitu, menurunnya penjualan setelah pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PPKM di wilayah Bali. Pelaku UMKM belum memiliki logo atau label pada produk atau platform online yang dimiliki, kurangnya pengetahuan mengenai pembukuan sederhana atau laporan keuangan, dan pelaku UMKM kurang mengoptimalkan media sosial Instagram yang dimiliki untuk memasarkan produk usaha mereka. Metode pendekatan yang digunakan ialah luring (luar jaringan). Program kerja yang dilakukan yaitu, pendampingan kepada mitra mendesain logo dan mencetak hasil desain logo, memberikan edukasi kepada mitra mengenai pencatatan pembukuan sederhana dan pemberian buku pencatatan kas kepada pelaku UMKM, dan pengoptimalan penggunaan media sosial Instagram seperti penambahan caption pada postingan dan mencantumkan logo usaha pada media sosial Instagram yang dimiliki. Adapun hasil dari program kerja ini adalah dengan adanya logo usaha mitra dapat lebih dikenal masyarakat luas, mitra dapat mengetahui kelangsungan usahanya dari pencatatan pembukuan yang dilakukan, dan dengan pengoptimalan media sosial Instagram, mitra dapat menarik lebih banyak calon konsumen.

Referensi

Adnyani, N. K. S., & Agustini, D. A. E. (2020). Digitalisasi Sebagai Pemulihan Perekonomian Di Sektor Kerajinan Dalam Mendukung Kebangkitan Umkm Di Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 1(2), 87-96.

Ardianti, F., & Lubis, D. P. (2020). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media of Malasari Tourism Village, Nanggung, Bogor District. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 796-809.

Aurumajeda, T., & Nurhidayat, M. (2021). Analisis Konsep Logo Propesor Bawang Sebagai Peningkatan Daya Tarik Pembeli Di Kabupaten Kuningan. Journal Kreatif, 3(01), 12-16.

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 662-669.

Prasetyo, D., & Putra, R. W. (2021). Perancangan Logo Dari Usaha Makanan “Gerobak Cemil” Sebagai Brand Identity. Pantarei, 5(02).

Puspitasari, S. M. (2021). Jurnal Pendampingan Pembukuan Sederhana bagi UMKM di Fajar Bakery. Economy and Bussiness, 1(1), 1-7.

Rahmida, R., Saputri, K. D., & Fauzi, S. M. (2021). Pemasaran UMKM Pada Platform Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Omahe). HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. WASANA NYATA, 1(1), 17-21.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Ukm Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 79-87

Diterbitkan

2023-06-17