SOCIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING PRODUK UMKM ADIANOM COSTUME DI DESA PENATIH

Penulis

  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Landra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Yunita Ary Savitri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

sosial media, pemasaran, logo, pembukuan, UMKM

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat membuat sosial media menjadi alternatif dalam melakukan pemasaran dan branding produk kepada masyarakat yang lebih efektif dan efisien. Sehingga mitra Usaha Masyarakat Kecil Menengah dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan saat ini untuk berkembang dan bertahan di situasi adanya pandemi Covid-19. Permasalahan yang dihadapi UMKM Adianom Costume, yaitu kurangnya optimalisasi penggunaan media sosial seperti instagram dan tiktok, kurangnya pemahaman akan pentingnya sebuah logo dan plang nama usaha, dan kurangnya pemahaman akan aplikasi digital untuk pembukuan. Dengan adanya permasalahan tersebut Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan, yaitu mengoptimalisasi penggunaan platform media sosial (instagram dan tiktok) sebagai media pemasaran produk, membantu mengarahkan dan pembuatan logo serta plang nama usaha untuk branding produk, dan mengenalkan platform atau aplikasi yang bisa membantu pembukuan agar menjadi lebih praktis dan efisien. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu mitra UMKM Adianom Costume dalam menghadapi situasi di masa pandemi. Metode pendekatan yang dilaksanakan dengan adanya diskusi dengan mitra, menjalin komunikasi baik secara daring maupun luring, dan melakukan wawancara. Hasil kegiatan ini UMKM Adianom Costume menjadi lebih aktif dalam memasarkan produknya melalui sosial media, terjadinya peningkatan penjualan, mempunyai identitas dengan adanya logo usaha serta pembukuan UMKM ini menjadi lebih rapi serta efisien.

Referensi

Fitriani, Y. (2021). Analisa Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Online Sebagai Media Untuk Mengelola Atau Memanajemen Keuangan. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 5(2), 454-461.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154-161.

Revinzky, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Digital Pada Usaha Rumahan Yang Muncul Di Masa Pandemi. Jurnal Berdaya, 1(1), 32-38.

Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Wahyuni, M. J. R. B., & Harditya, A. (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 1(01), 21-33.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271-278

Diterbitkan

2023-06-17