PEMBERDAYAAN USAHA KUBU JAMUR DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN PEMANFAATAN MEDIA EBUSINESS DI DESA PAKSEBALI, KECMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG

Penulis

  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gde Wiryawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Riki Putra Prananda Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, peningkatan penjualan, pemanfaatan Media E-Business

Abstrak

Pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak bagi hampir semua UMKM, sehingga berakibat pada penjualan setiap bulannya menjadi tidak stabil dan omset penjualan terus mengalami penurunan. Salah satu UMKM yang terdampak yaitu Kubu Jamur dan saat ini megalami penurunan tingkat penjualan. Pemasaran yang masih konvensional dan minimnya pemahaman tentang pemanfaatan media E-Business menjadi kesulitan bagi Kubu Jamur untuk bangkit dari kondisi sulit ini. Pelaku usaha Kubu Jamur belum memahami tentang pemasaran produk di media sosial khususnya Instagram dan Facebook dengan memanfaatkan fitur Promotions dan Marketplace. UMKM ini juga belum mampu membuat transaksi keuangan (pembukuan) yang baik dalam mengelola keuangan usahanya serta besarnya jarak antara pemasok dan tempat usaha. Solusi yang penulis berikan untuk kondisi saat ini terhadap mitra di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung berupa edukasi terkait pemanfaatan media digital dalam memasarkan produk dan pencatatan transaksi keuangan (pembukuan), mencarikan pemasok baru yang awalnya berada di Bangli kini dicarikan pemasok yang berada di seputaran Klungkung serta memberikan edukasi tentang pentingnya pemanfaatan media digital di era sekarang.

Referensi

Bimanti Esthi, R. (2020). Strategi Sumber Daya Manusia di Masa Pandemi dan New Normal Melalui Remote Working, Employee Productivity, dan Upskilling for Digital. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No (ISSN 2723-4118 (Media Online)

BPS. 2021. Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian pada Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 81-86.

https://Paksebali.desa.id/Profil Wilayah Desa Paksebali - Desa Paksebali/

https://www.akseleran.co.id/blog/umkm-adalah/

Jayanti. 2021. Pendampingan Masyarakat Desa Adat Putung Menanggulangi Dampak Sosial Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Laura Hardilawati, Wan. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika.

LPPM, 2021. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pusat Kajian Pemerdayaan Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Nuraini, Susilowati. 2021. Pendampingan Pemasaran Online Pada Kekompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Malang

Putri. 2021. Pemasaran UMKM Warung Makan Depot Ratna Asih Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 di Denpasar Timur.

Rifa’i. 2013. Efektifitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, FISIP, Universitas Airlangga

Diterbitkan

2023-06-17