PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19 DI DESA KEDONGANAN
Kata Kunci:
COVID-19, UMKM, Online dan Offline, TIKAbstrak
Pandemi COVID-19 telah menunjukkan dampak signifikan pada perekonomian dan perubahan tatanan sosial masyarakat. Demi mengurangi makin banyaknya orang yang terinfeksi dan menulari yang lain, pemerintah mengeluarkan aturan baru bagi masyarakat. Aturan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat diterapkan dengan menjaga jarak antara satu orang dengan satu orang lainnya dengan jarak 1 meter, keluarnya peraturan itu membuat para pedagang kehilangan banyak pelanggan secara drastis. Fish’s Mart Kedonganan yang merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang penyedia berbagai jenis ikan menjadi salah satu yang terkena dampak COVID-19. Program pengabdian masyrakat yang dilaksanakan yaitu pengembangan strategi pemasaran dan promosi produk UMKM Fish’s Mart di tengah pandemi COVID-19 yang akan diubah menjadi penjualan berbasis online maupun offline. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan omset penjualan dari UMKM Fish’s Mart dan meningkatkan ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi karyawannya untuk mempermudah pekerjaan yang akan dijalankan.
Referensi
Consultant, IT. (1 Februari 2020). 5 Cara Meningkatkan Penjualan Sales Menggunakan Digital Marketing. [Internet]. https://www.jmc.co.id/blog/5- cara-meningkatkan-penjualan-sales-menggunakan-digital-marketing/. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Desra. (2019, 3 Januari). Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemasaran Online. Jurnal Entrepreneur. [Internet]. www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-manfaat-pemasaran-online. (diakses pada tanggal 31 Juli 2021)
Excel, Kelas. (Juni 2018). Cara Memproteksi atau Mengunci Cell Tertentu di Excel. Kelas Excel. [Internet]. https://www.kelasexcel.id/2018/06/cara-mengunci cell-tertentu-di-excel.html. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Gitiyarko, Vincentius (22 Juni 2020). Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi Covid-19. Kompas Pedia. [Internet]. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Jati, Waluyo. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/679/554. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Lestari, Estrin Vanadianti. (19 Oktober 2020). 17 Rumus Excel Paling Sering Digunakan di Dunia Kerja. Cekaja. [Internet] https://www.cekaja.com/info/rumus-excel-paling-sering-digunakan. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Marketing, Content. (Februari 2019). Strategi Untuk Mendorong Efektifitas Pemasaran Online Bagi Bisnis Online. Groedu Digital Marketing. [Internet]. https://groeducontentmarketing.com/2019/02/strategi-untuk-mendorong efektifitas-pemasaran-online-bagi-bisnis-online/. (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)
Prawiro, M. (2018, 26 November). Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep dan Contohnya. [Internet]. www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian strategi-pemasaran.html. (diakses pada tanggal 31 Juli 2021)
Sudrajat, A. (2008). Pendekatan Sosial dalam KKN. [Internet]. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/14/pendekatan-sosial-dalam-kegiatan-kkn/amp/ (diakses pada tanggal 31 Juli 2021)
Tanoto, U. (2020, 6 Desember). Pembuatan dan Contoh Pembukuan Stok Barang yang Efektif. Jojonomic. [Internet] https://www.jojonomic.com/blog/pembukuan-stok-barang (diakses pada tanggal 31 Juli 2021)