MEMBANGUN UMKM LOKAL SERTA MENGKOLABORASIKAN KE E-COMMERCE DI TOKO KERAJINAN ANEKA BAMBU DESA BELEGA KECAMATAN BLAHBATUH
Kata Kunci:
UMKM, Kerajinan Bambu, E-Commerce, Google Maps, Branding.Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu
pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kerajinan Aneka
Bambu di Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. UMKM ini
memiliki potensi besar sebagai sentra kerajinan bambu, namun menghadapi berbagai
tantangan seperti kurangnya strategi pemasaran digital dan belum terdaftarnya usaha
pada platform online. Program pendampingan difokuskan pada penguatan branding
dan digitalisasi melalui tiga langkah utama: pembuatan dan pemasangan spanduk
sebagai identitas usaha, pendampingan pembuatan akun e-commerce di Shopee, serta
pendaftaran titik lokasi usaha di Google Maps. Seluruh kegiatan dilaksanakan selama
periode 20 Februari hingga 17 April 2025 oleh tim pengabdian masyarakat dari
Universitas Mahasaraswati Denpasar. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan
visibilitas dan aksesibilitas UMKM di ranah digital, serta respons positif dari mitra
usaha dan masyarakat sekitar. Program ini diharapkan menjadi awal dari
pengembangan UMKM berbasis digital di Desa Belega secara berkelanjutan.
Referensi
Bali, T. (2024). Sejarah Desa Belega, Gianyar, Tempat Tinggal Pasukan Asli Kebo
Iwa. telusur.balitrekker. URL: https://telusur.balitrekker.com/sejarah-desabelega-gianyar-tempat-tinggal-pasukan-asli-kebo-iwa/. Diakses pada tanggal
10 April 2025.
Bashiroh, A., Sholikhah, F., & Azmi, A. F. U. (2025). Peningkatan Teknologi
Digitalisasi Umkm Melalui Pelatihan Digital Marketing: Shopee.
Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 2(1), 612-624.
Dinanti, M. D., Nafiudin, R., Maryam, D., Hati, M. R., Mukti, R. H., & Malasari, S.
(2025). Pendampingan UMKM: Pembuatan NIB, Branding, dan Digitalisasi
Melalui Google Maps Di Dusun Sabatan. Masyarakat Berkarya: Jurnal
Pengabdian dan Perubahan Sosial, 2(1), 110-125.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson
Education
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce 2021: Business, Technology, and
Society (16th ed.). Pearson.
Mulyono, R., Rejokirono, R., Maryono, M., Purbonuswanto, W., Prasetyaningtyas, S.
W., Syahputri, C. E. E., & Irmayanto, D. (2024). Rebranding media promosi
UMKM melalui pembuatan banner dan pemanfaatan Google Maps untuk
menarik minat pelanggan. AMONG: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian
Kepada Masyarakat, 11–18.
Susanti, A., Handayani, L. S., Hildayati, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. M. R.
(2023). Branding dan labeling sebagai upaya strategi pemasaran produk
emping singkong UMKM di Desa Petanang. Community Development
Journal, 4(4), 7628–7635.