PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 SINGAPADU TENGAH

Penulis

  • Ni Wayan Suastini
  • Ni Wayan Krismayani
  • Anak Agung Ayu Dinda Natasya
  • I Gusti Ayu Agung Ratih Pramisuari

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Pendidikan, Bahasa Inggris, Bullying

Abstrak

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Singapadu Tengah,
Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pendidikan adalah usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi
peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan juga mempunyai peranan penting
dalam memajukan pengetahuan serta pemahaman siswa dan siswi, maka Tim
Pengabdian Masyarakat kami memilih program yang dapat berfungsi untuk
memajukan pemahaman serta pengetahuan siswa dan siswi di sekolah. Dalam program
Pengabdian Masyarakat ini, sasaran utama dalam program kami ini adalah siswa dan
siswi di SD Negeri 2 Singapadu Tengah. Tujuan dari dilaksanakannya program ini
adalah dapat membantu siswa dan siswi dalam proses pembelajaran dengan
memberikan edukasi tentang Bahasa Inggris dan edukasi tentang bahaya bullying,
yang bisa membantu mereka untuk mengetahui pentingnya belajar tentang Bahasa
Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan bahaya tentang tindakan bullying di sekolah
dasar. Metode yang digunakan dalam program ini adalah dengan cara memberikan
materi edukasi beserta gambar-gambar yang bisa membuat siswa dan siswi memahami
lebih mudah tentang materi tersebut. Hasil yang dapat tercapai dari pelaksanaan
program ini adalah siswa dan siswi mampu mempratekkan penggunaan Bahasa Inggris
dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar serta siswa dan siswi mampu
memahami bahaya bullying serta cara mencegahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Abunawas, A., & Tahir, M. (2024). Edukasi Penanganan Kasus Bullying Pada

Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar KM 7. Journal of Community

Development, 4(3), 300–306.

Anggraini, D., & Supriyadi, T. (2022). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di

Sekolah Dasar: Studi Kasus di SD Negeri Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan,

18(4), 231-239.

Dwijonagoro, S. H., Wulandari, A., & Audiya, F. R. (2023). Permasalahan Pendidikan

dan Solusinya di Indonesia. Jurnal Baksooka, 1(1), 1-10.

Handayani, T., & Sukardi, S. (2023). Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Digital:

Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 12–22.

Ichsan, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis bagi Peneliti

Pemula. Yogyakarta: Deepublish

Jumaah, S. H., Utami, V. Y., Rispawati, D., Nasruddin, N., & Mashuri, J. (2024).

Sosialisasi Bullying Sebagai Upaya Mencegah Aksi Bullying Anak Usia

Sekolah Dasar di SDN Batu Putih Sekotong. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9),

1085-1091.

Jurnal Pendidikan dan Konseling. (2022). Peran Pendidikan Karakter Sejak Dini

dalam Membangun Generasi Emas.

Kurniawan, H., & Lestari, S. (2023). Sosialisasi Anti-Bullying pada Anak Usia

Sekolah Dasar: Pendekatan Edukatif dan Preventif. Jurnal Pendidikan dan

Pengabdian Masyarakat, 12(1), 75-83.

Kurniawan, R., & Lestari, A. D. (2023). Edukasi Anti-Bullying dalam Meningkatkan

Kesadaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian

Masyarakat, 6(2), 112–120.

Lestari, M., & Wibowo, A. (2021). Peran Program Kampus Mengajar dalam

Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Pengabdian Pendidikan, 3(1), 45–52.

Sari, R. M., Handayani, T., & Putri, A. D. (2019). Pendampingan Belajar sebagai

Upaya Peningkatan Kompetensi Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 291–296.

Susanti, D., & Rahmawati, N. (2023). Strategi Perencanaan Program Edukasi untuk

Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(1),

45–52.

Susanti, E., & Rahmawati, D. (2023). Implementasi Program Edukasi Anti-Bullying

di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Pendidikan, 5(1), 12-19.

Trivaika, N., Ramadhani, S., & Permata, D. (2022). Teknik Wawancara dalam

Penelitian Sosial: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan

Pendidikan, 4(1), 32–38.

Utami, S., et al. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar dalam

Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal

Ilmiah Kependidikan, 3(2), 101–110.

Diterbitkan

2025-07-01