PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 SINGAPADU TENGAH
Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, Pendidikan, Bahasa Inggris, BullyingAbstrak
Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Singapadu Tengah,
Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pendidikan adalah usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi
peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan juga mempunyai peranan penting
dalam memajukan pengetahuan serta pemahaman siswa dan siswi, maka Tim
Pengabdian Masyarakat kami memilih program yang dapat berfungsi untuk
memajukan pemahaman serta pengetahuan siswa dan siswi di sekolah. Dalam program
Pengabdian Masyarakat ini, sasaran utama dalam program kami ini adalah siswa dan
siswi di SD Negeri 2 Singapadu Tengah. Tujuan dari dilaksanakannya program ini
adalah dapat membantu siswa dan siswi dalam proses pembelajaran dengan
memberikan edukasi tentang Bahasa Inggris dan edukasi tentang bahaya bullying,
yang bisa membantu mereka untuk mengetahui pentingnya belajar tentang Bahasa
Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan bahaya tentang tindakan bullying di sekolah
dasar. Metode yang digunakan dalam program ini adalah dengan cara memberikan
materi edukasi beserta gambar-gambar yang bisa membuat siswa dan siswi memahami
lebih mudah tentang materi tersebut. Hasil yang dapat tercapai dari pelaksanaan
program ini adalah siswa dan siswi mampu mempratekkan penggunaan Bahasa Inggris
dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar serta siswa dan siswi mampu
memahami bahaya bullying serta cara mencegahnya dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi
Abunawas, A., & Tahir, M. (2024). Edukasi Penanganan Kasus Bullying Pada
Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar KM 7. Journal of Community
Development, 4(3), 300–306.
Anggraini, D., & Supriyadi, T. (2022). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di
Sekolah Dasar: Studi Kasus di SD Negeri Yogyakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan,
18(4), 231-239.
Dwijonagoro, S. H., Wulandari, A., & Audiya, F. R. (2023). Permasalahan Pendidikan
dan Solusinya di Indonesia. Jurnal Baksooka, 1(1), 1-10.
Handayani, T., & Sukardi, S. (2023). Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Digital:
Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 12–22.
Ichsan, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis bagi Peneliti
Pemula. Yogyakarta: Deepublish
Jumaah, S. H., Utami, V. Y., Rispawati, D., Nasruddin, N., & Mashuri, J. (2024).
Sosialisasi Bullying Sebagai Upaya Mencegah Aksi Bullying Anak Usia
Sekolah Dasar di SDN Batu Putih Sekotong. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9),
1085-1091.
Jurnal Pendidikan dan Konseling. (2022). Peran Pendidikan Karakter Sejak Dini
dalam Membangun Generasi Emas.
Kurniawan, H., & Lestari, S. (2023). Sosialisasi Anti-Bullying pada Anak Usia
Sekolah Dasar: Pendekatan Edukatif dan Preventif. Jurnal Pendidikan dan
Pengabdian Masyarakat, 12(1), 75-83.
Kurniawan, R., & Lestari, A. D. (2023). Edukasi Anti-Bullying dalam Meningkatkan
Kesadaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian
Masyarakat, 6(2), 112–120.
Lestari, M., & Wibowo, A. (2021). Peran Program Kampus Mengajar dalam
Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Pengabdian Pendidikan, 3(1), 45–52.
Sari, R. M., Handayani, T., & Putri, A. D. (2019). Pendampingan Belajar sebagai
Upaya Peningkatan Kompetensi Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 291–296.
Susanti, D., & Rahmawati, N. (2023). Strategi Perencanaan Program Edukasi untuk
Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(1),
45–52.
Susanti, E., & Rahmawati, D. (2023). Implementasi Program Edukasi Anti-Bullying
di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Pendidikan, 5(1), 12-19.
Trivaika, N., Ramadhani, S., & Permata, D. (2022). Teknik Wawancara dalam
Penelitian Sosial: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan
Pendidikan, 4(1), 32–38.
Utami, S., et al. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal
Ilmiah Kependidikan, 3(2), 101–110.