PEMBERDAYAAN UMKM DALAM PEMBUATAN CAP STEMPEL SERTA PEMBUATAN KONTEN VISUAL PADA PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENGRAJIN TOPENG
Kata Kunci:
Pengrajin Topeng, Pemasaran, dan Konten Visual.Abstrak
Artikel penelitian pada Program Pengabdian Masyarakat ini berfokus pada
pemberdayaan UMKM pengrajin topeng di Desa Singapadu, Bali, dengan tujuan
meningkatkan kualitas dan jangkauan pemasaran produk mereka. Kegiatan ini
melibatkan pembuatan cap stempel sebagai identitas resmi usaha, serta pengembangan
konten visual menarik untuk promosi di media sosial. Hasilnya menunjukkan
peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif dari pengrajin, yang kini memiliki akses
ke pasar yang lebih luas dan peluang untuk memperkenalkan budaya lokal melalui
pemasaran digital. Program ini membuktikan bahwa sinergi antara akademisi dan
masyarakat dapat memberikan dampak positif dalam mendorong pertumbuhan
UMKM dan melestarikan warisan budaya.
Referensi
LPPM. (2020). Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada
Masyarakat.Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
LPPM. (2022). Buku: Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik.
Universitas Mahasaraswati Denpasar.
ZA Achmad, DF Rosida, R Priyadarshini, M Safeyah. (2024). Peran Inovasi Untuk
Mendorong Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Bidang Ekonomi
Kreatif. Repository.upnjatim.ac.id.
N Malik, RA Pramuja, Z Arifin. (2020). Peningkatan Pemasaran Berbasis Digital
Seni Rupa Topeng Malangan. Ejournal.umm.ac.id.
EH Palandi – Dharma (2024). Pendampingan Pemasaran Dengan Digital
Marketing Produk Seni Budaya Pada UMKM Desa Tulusbesar Kabupaten
Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Researchgate.net.