PEMBERDAYAAN UMKM DALAM PEMBUATAN CAP STEMPEL SERTA PEMBUATAN KONTEN VISUAL PADA PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENGRAJIN TOPENG

Penulis

  • Ni Luh Gede Yogi Arthani
  • Anak Agung Putu Wiwik Sugiantari
  • I Ketut Asta Wiguna
  • Alfonsus Wolla Gollu

Kata Kunci:

Pengrajin Topeng, Pemasaran, dan Konten Visual.

Abstrak

Artikel penelitian pada Program Pengabdian Masyarakat ini berfokus pada
pemberdayaan UMKM pengrajin topeng di Desa Singapadu, Bali, dengan tujuan
meningkatkan kualitas dan jangkauan pemasaran produk mereka. Kegiatan ini
melibatkan pembuatan cap stempel sebagai identitas resmi usaha, serta pengembangan
konten visual menarik untuk promosi di media sosial. Hasilnya menunjukkan
peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif dari pengrajin, yang kini memiliki akses
ke pasar yang lebih luas dan peluang untuk memperkenalkan budaya lokal melalui
pemasaran digital. Program ini membuktikan bahwa sinergi antara akademisi dan
masyarakat dapat memberikan dampak positif dalam mendorong pertumbuhan
UMKM dan melestarikan warisan budaya.

Referensi

LPPM. (2020). Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada

Masyarakat.Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

LPPM. (2022). Buku: Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik.

Universitas Mahasaraswati Denpasar.

ZA Achmad, DF Rosida, R Priyadarshini, M Safeyah. (2024). Peran Inovasi Untuk

Mendorong Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Bidang Ekonomi

Kreatif. Repository.upnjatim.ac.id.

N Malik, RA Pramuja, Z Arifin. (2020). Peningkatan Pemasaran Berbasis Digital

Seni Rupa Topeng Malangan. Ejournal.umm.ac.id.

EH Palandi – Dharma (2024). Pendampingan Pemasaran Dengan Digital

Marketing Produk Seni Budaya Pada UMKM Desa Tulusbesar Kabupaten

Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Researchgate.net.

Diterbitkan

2025-07-01