OPTIMALISASI PENCATATAN KEUANGAN DAN BRANDING PADA UMKM DI BLANGSINGA WATERFALL DESA SABA, BLAHBATUH, GIANYAR

Penulis

  • Putu Pradiva Putra Salain
  • I Putu Agus Putra Wirawan
  • Ni Nyoman Tri Kesomadewi
  • Ni Putu Candra Diva Saraswati

Kata Kunci:

Branding, Desa Blangsinga, Pembukuan Digital, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikatakan mampu menjadi solusi
penanggulangan kemiskinan di Indonesia karena memberikan kontribusi besar
dalam penyerapan tenaga kerja dan berkontribusi signifikan terhadap
pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Adapun mitra dalam
pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu UMKM Warung BUPDA Desa
Adat Blangsinga yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.
Permasalahan yang ditemukan dalam UMKM ini yakni pemilik belum pernah
melakukan pencatatan transaksi dengan pembukuan digital dan adanya
keterbatasan dalam branding usaha. Untuk itu UMKM Warung BUPDA Desa
Adat Blangsinga perlu mendapatkan edukasi akan pentingnya pencatatan
transaksi dengan pembukuan digital sekaligus pelatihan pencatatannya dengan
tujuan mempermudah pemilik usaha dalam melakukan pembukuan setiap hari
guna mencapai keberlangsungan usaha yang efisien. Selain itu UMKM juga
mendapatkan spanduk usaha agar keberadaan UMKM ini diketahui lebih luas oleh
wisatawan mancanegara dan masyarakat sekitar Desa Blangsinga. Kegiatan ini
diawali dengan menggunakan metode pendekatan dengan melakukan observasi
dan wawancara untuk dapat mengetahui permasalahan yang ada pada UMKM
mitra dan dilanjutkan dengan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan.
Ketercapaian kegiatan ini dapat terealisasikan 100% karena adanya dukungan dan
antusias dari UMKM mitra.

Referensi

Fauzan, S., Wilda Wulandari, M., Fahmisyah, W., & Rahma Cahyani, W. (2022).

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BUMDes

GUBUGKLAKAH, KECAMATAN PONCOKUSUMO, KABUPATEN

MALANG. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH

Kristianti, T., Dullah, M., & Rahman Oktaviansyah, A. (2024). JURNAL

ABDIMAS INDEPENDEN PENGENALAN APLIKASI KEUANGAN

DIGITAL DALAM MENUNJANG PRODUK EKONOMI KREATIF DI

CEMOROKADANG MALANG. Jurnal Abdimas Independen, 10–17.

https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/independen/index

Naufal Nazhif, M., Nugraha, I., & Nazhif, M. N. (2023). BRANDING UMKM

UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ECOPRINT ANDIN

COLLECTION. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7.

Pratama I Gede Surya, Anggiriawan, P. B., & Yudiastari, N. M. (2021).

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BUDIDAYA IKAN MUJAIR

DI DESA SADING KABUPATEN BADUNG. Abdi Dharma Masyarakat.

Purba, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., Utara, S., & Yahya, M. (n.d.).

REVOLUSI INDUSTRI 4.0 : PERAN TEKNOLOGI DALAM EKSISTENSI

PENGUASAAN BISNIS DAN IMPLEMENTASINYA. In JPSB (Vol. 9,

Issue 2).

Rurik Pradnya Paramitha Nida, D., Wayan Chandra Adyatma, I., Sagung Sagung

Laksmi Dewi, A., & Perpajakan Universitas Warmadewa Denpasar, A. (2022).

PENDAMPINGAN PELAPORAN AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL

DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI UMKM. Abdi Dharma

Masyarakat, 29–38.

Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N.

(2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA

BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma

Masyarakat (JADMA), 4(2), 122–130.

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.8242

Wahyuni Amelia, R., & Sanchia Grafita Ryana Devi, W. (2021). Entrepreneurial

Mindsets & Skill. https://www.researchgate.net/publication/351357742

Diterbitkan

2025-07-01