OPTIMALISASI PENCATATAN KEUANGAN DAN BRANDING PADA UMKM DI BLANGSINGA WATERFALL DESA SABA, BLAHBATUH, GIANYAR
Kata Kunci:
Branding, Desa Blangsinga, Pembukuan Digital, UMKMAbstrak
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikatakan mampu menjadi solusi
penanggulangan kemiskinan di Indonesia karena memberikan kontribusi besar
dalam penyerapan tenaga kerja dan berkontribusi signifikan terhadap
pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Adapun mitra dalam
pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu UMKM Warung BUPDA Desa
Adat Blangsinga yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.
Permasalahan yang ditemukan dalam UMKM ini yakni pemilik belum pernah
melakukan pencatatan transaksi dengan pembukuan digital dan adanya
keterbatasan dalam branding usaha. Untuk itu UMKM Warung BUPDA Desa
Adat Blangsinga perlu mendapatkan edukasi akan pentingnya pencatatan
transaksi dengan pembukuan digital sekaligus pelatihan pencatatannya dengan
tujuan mempermudah pemilik usaha dalam melakukan pembukuan setiap hari
guna mencapai keberlangsungan usaha yang efisien. Selain itu UMKM juga
mendapatkan spanduk usaha agar keberadaan UMKM ini diketahui lebih luas oleh
wisatawan mancanegara dan masyarakat sekitar Desa Blangsinga. Kegiatan ini
diawali dengan menggunakan metode pendekatan dengan melakukan observasi
dan wawancara untuk dapat mengetahui permasalahan yang ada pada UMKM
mitra dan dilanjutkan dengan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan.
Ketercapaian kegiatan ini dapat terealisasikan 100% karena adanya dukungan dan
antusias dari UMKM mitra.
Referensi
Fauzan, S., Wilda Wulandari, M., Fahmisyah, W., & Rahma Cahyani, W. (2022).
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BUMDes
GUBUGKLAKAH, KECAMATAN PONCOKUSUMO, KABUPATEN
MALANG. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH
Kristianti, T., Dullah, M., & Rahman Oktaviansyah, A. (2024). JURNAL
ABDIMAS INDEPENDEN PENGENALAN APLIKASI KEUANGAN
DIGITAL DALAM MENUNJANG PRODUK EKONOMI KREATIF DI
CEMOROKADANG MALANG. Jurnal Abdimas Independen, 10–17.
https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/independen/index
Naufal Nazhif, M., Nugraha, I., & Nazhif, M. N. (2023). BRANDING UMKM
UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ECOPRINT ANDIN
COLLECTION. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7.
Pratama I Gede Surya, Anggiriawan, P. B., & Yudiastari, N. M. (2021).
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA BUDIDAYA IKAN MUJAIR
DI DESA SADING KABUPATEN BADUNG. Abdi Dharma Masyarakat.
Purba, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., Utara, S., & Yahya, M. (n.d.).
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 : PERAN TEKNOLOGI DALAM EKSISTENSI
PENGUASAAN BISNIS DAN IMPLEMENTASINYA. In JPSB (Vol. 9,
Issue 2).
Rurik Pradnya Paramitha Nida, D., Wayan Chandra Adyatma, I., Sagung Sagung
Laksmi Dewi, A., & Perpajakan Universitas Warmadewa Denpasar, A. (2022).
PENDAMPINGAN PELAPORAN AKUNTANSI BERBASIS DIGITAL
DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI UMKM. Abdi Dharma
Masyarakat, 29–38.
Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N.
(2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA
BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma
Masyarakat (JADMA), 4(2), 122–130.
https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.8242
Wahyuni Amelia, R., & Sanchia Grafita Ryana Devi, W. (2021). Entrepreneurial
Mindsets & Skill. https://www.researchgate.net/publication/351357742