MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE DAN E-COMMERCE KEPADA UMKM UKIRAN PATUNG BUDDHA DI DESA KETEWEL
Kata Kunci:
Platform Digital, Marketplace, E-CommerceAbstrak
Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memperluas jangkauaan
pasaran dan peningkatan penjualan dari UMKM Ukiran Patung Buddha. Program ini
melibatkan penyuluhan, pembuatan media promosi dan pemasangan pelang nama baru
pada UMKM Ukiran Patung Buddha. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Ketewel,
Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali, pada tanggal 19 Februari hingga 17
April 2025. Sasaran program ini yaitu Masyarakat Desa Ketewel dan lebih banyak
lagi. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan pemahaman pemilik usaha UMKM
tentang bagaimana luasnya pengaruh media promosi online. Kegiatan ini berhasil
mencapai tujuan yang diharapkan dan respon positif oleh bapak Suwena selaku
pemilik usaha UMKM. Kegiatan Meningkatkan Pemahaman Dalam Penggunaan
Platform Seperti Marketplace Dan E-Commerce kepada bapak Suwena sudah 100%
terlaksana.
Referensi
Anggraeni, Feni D, Hardjanto, Imam, Hayat, Ainul. 2012. Pengembangan Usaha
Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan
Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di
KelurahanPandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal
Administrasi Publik (JAP). 6(6): 1286-1295.
Desa Ketewel. (2025). Profil Desa Dan Kelurahan Yang Diperoleh Di Kantor Desa
Ketewel Pada Tanggal 09 April 2025.
Fidela, afifah, dkk. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu,
Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Mei 2020,Vol 2 (3)
2020: 493‒498 ISSN 2721-897X.
Hari Purwidiantoro, moch, dkk, (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap
Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1
Maret 2016
Husaeni UA, Dewi TK. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah terhadap Tingkat
Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di
Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management. 2 (1): 48-56.
LPPM. (2025). Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mahasaraswati
Denpasar.
Nida, D. R. P. P., Adyatma, I. W. C., & Dewi, A. S. S. L. (2022). Pendampingan
pelaporan akuntansi berbasis digital dan pemanfaatan e-commerce bagi
UMKM. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 29-38.
Pradnyadari, N. L. M. A. M., Dewi, N. W. C. S., & Manek, D. (2022).
PEMANFAATAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL, DOMPET DIGITAL
PADA UMKM GANDHI'S LAUNDRYMART DI DESA BATUBULAN
KANGIN. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 1, pp. 495-501).
Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N.
(2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA
BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma
Masyarakat (JADMA), 4(2), 122-130.