MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PENGGUNAAN PLATFORM MARKETPLACE DAN E-COMMERCE KEPADA UMKM UKIRAN PATUNG BUDDHA DI DESA KETEWEL

Penulis

  • I Made Sudirga
  • I Made Kariyasa
  • Iron Kriatiani Bili
  • Miranda

Kata Kunci:

Platform Digital, Marketplace, E-Commerce

Abstrak

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memperluas jangkauaan
pasaran dan peningkatan penjualan dari UMKM Ukiran Patung Buddha. Program ini
melibatkan penyuluhan, pembuatan media promosi dan pemasangan pelang nama baru
pada UMKM Ukiran Patung Buddha. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Ketewel,
Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali, pada tanggal 19 Februari hingga 17
April 2025. Sasaran program ini yaitu Masyarakat Desa Ketewel dan lebih banyak
lagi. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan pemahaman pemilik usaha UMKM
tentang bagaimana luasnya pengaruh media promosi online. Kegiatan ini berhasil
mencapai tujuan yang diharapkan dan respon positif oleh bapak Suwena selaku
pemilik usaha UMKM. Kegiatan Meningkatkan Pemahaman Dalam Penggunaan
Platform Seperti Marketplace Dan E-Commerce kepada bapak Suwena sudah 100%
terlaksana.

Referensi

Anggraeni, Feni D, Hardjanto, Imam, Hayat, Ainul. 2012. Pengembangan Usaha

Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan

Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di

KelurahanPandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal

Administrasi Publik (JAP). 6(6): 1286-1295.

Desa Ketewel. (2025). Profil Desa Dan Kelurahan Yang Diperoleh Di Kantor Desa

Ketewel Pada Tanggal 09 April 2025.

Fidela, afifah, dkk. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

(UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu,

Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Mei 2020,Vol 2 (3)

2020: 493‒498 ISSN 2721-897X.

Hari Purwidiantoro, moch, dkk, (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap

Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1

Maret 2016

Husaeni UA, Dewi TK. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah terhadap Tingkat

Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di

Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management. 2 (1): 48-56.

LPPM. (2025). Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mahasaraswati

Denpasar.

Nida, D. R. P. P., Adyatma, I. W. C., & Dewi, A. S. S. L. (2022). Pendampingan

pelaporan akuntansi berbasis digital dan pemanfaatan e-commerce bagi

UMKM. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 29-38.

Pradnyadari, N. L. M. A. M., Dewi, N. W. C. S., & Manek, D. (2022).

PEMANFAATAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL, DOMPET DIGITAL

PADA UMKM GANDHI'S LAUNDRYMART DI DESA BATUBULAN

KANGIN. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 1, pp. 495-501).

Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N.

(2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA

BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma

Masyarakat (JADMA), 4(2), 122-130.

Diterbitkan

2025-07-01