PEMASARAN PRODUK UMKM DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI UMKM TENUN BALI GITA BANJAR LODPEKEN, DESA KERAMAS

Penulis

  • I Kadek Widiantara
  • Anak Agung Gde Sutrisna
  • Ni Putu Christine Sulantari Bupu
  • Ni Putu Cahya Hanaya Putri
  • I Nym Yudi Lesmana Wijaya Putra

Kata Kunci:

Pemasaran, UMKM, Penyuluhan Digital, Tenun Ikat

Abstrak

Pemasaran adalah hal yang sangat penting guna terlaksananya suatu
penjualan produk, dengan pemasaran yang baik maka akan tercapai target
penjualan yang baik pula. Kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan
pemasaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan kain tenun ikat oleh
UMKM. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data
melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemberdayaan yang efektif dalam pengembangan UMKM
tenun ikat Bali Gita melibatkan akses ke pasar dan pemanfaatan teknologi
informasi. Temuan ini membantu pemangku kepentingan dalam meningkatkan
keberlanjutan UMKM tenun ikat.

Referensi

Ariani, N. M. (2019). Pengembangan kain endek sebagai produk penunjang

pariwisata budaya di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2),

146-159.

Indianty, P. (2018). Kesiapan implementasi standar akuntansi keuangan entitas

mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM) pada UMKM tenun ikat

di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol 7, No.1.

I Nyoman, S., I Nyoman, L., I Gusti Ngurah, S., I Gede, A. S., DA, T. R., & I

Nengah, D. (2019). Sejarah Tenun Gianyar. Kerjasama Dinas Perindustrian

dan Perdagangan Kabupaten Gianyar dengan Institut Seni Indonesia

Denpasar, Gianyar, Bali.

Nasution, N. I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kain Tenun

Tradisional Sipirok ditinjau dari segi Digital Marketing (Studi Kasus Usaha

Tenun Ritonga). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan

Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Nurfadila, M., Cahyani, F. P., Rahayu, A. D., Azizah, T. N., Rachmalia, R.

W., Mahmudi, H., & Hamidah, D. A. (2024). Upaya Peningkatan Strategi

Pemasaran Digital Marketing Pada Penjualan Kain Tenun Ikat di Desa

Bandar Kidul Melalui Media Sosial Instagram dan Tiktok. In

Proceedings of The National Conference on Community Engagement, Vol

1, pp. 106-113.

Punju, A. K., & Adindarena, V. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan

Tenun Ikat Di Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten

Sumba Timur. Jurnal Transformatif Unkriswina Sumba, Vol 11, No.1, pp.

14-29.

Sepa, F., Bunga, M., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. E. (2023). Strategi

Pemasaran Kain Tenun (Studi Kasus pada UMKM Tenun Ikat Ina Sabu

Kupang). Glory Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, Vol 4, No. 4, pp. 887-905.

Widyawati, N. K., Budhyani, I. D. A. M., & Mayuni, P. A. (2023). Motif Kain

Tenun Endek Berbasis Budaya Bali Pada Pertenunan Ikat Wisnu Murti Di

Desa Keramas, Blahbatuh Gianyar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan

Kejuruan, Vol

20, No. 2, pp. 188-199.

Diterbitkan

2025-07-01