PEMASARAN PRODUK UMKM DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI UMKM TENUN BALI GITA BANJAR LODPEKEN, DESA KERAMAS
Kata Kunci:
Pemasaran, UMKM, Penyuluhan Digital, Tenun IkatAbstrak
Pemasaran adalah hal yang sangat penting guna terlaksananya suatu
penjualan produk, dengan pemasaran yang baik maka akan tercapai target
penjualan yang baik pula. Kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan
pemasaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan kain tenun ikat oleh
UMKM. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data
melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemberdayaan yang efektif dalam pengembangan UMKM
tenun ikat Bali Gita melibatkan akses ke pasar dan pemanfaatan teknologi
informasi. Temuan ini membantu pemangku kepentingan dalam meningkatkan
keberlanjutan UMKM tenun ikat.
Referensi
Ariani, N. M. (2019). Pengembangan kain endek sebagai produk penunjang
pariwisata budaya di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2),
146-159.
Indianty, P. (2018). Kesiapan implementasi standar akuntansi keuangan entitas
mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM) pada UMKM tenun ikat
di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol 7, No.1.
I Nyoman, S., I Nyoman, L., I Gusti Ngurah, S., I Gede, A. S., DA, T. R., & I
Nengah, D. (2019). Sejarah Tenun Gianyar. Kerjasama Dinas Perindustrian
dan Perdagangan Kabupaten Gianyar dengan Institut Seni Indonesia
Denpasar, Gianyar, Bali.
Nasution, N. I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kain Tenun
Tradisional Sipirok ditinjau dari segi Digital Marketing (Studi Kasus Usaha
Tenun Ritonga). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan
Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Nurfadila, M., Cahyani, F. P., Rahayu, A. D., Azizah, T. N., Rachmalia, R.
W., Mahmudi, H., & Hamidah, D. A. (2024). Upaya Peningkatan Strategi
Pemasaran Digital Marketing Pada Penjualan Kain Tenun Ikat di Desa
Bandar Kidul Melalui Media Sosial Instagram dan Tiktok. In
Proceedings of The National Conference on Community Engagement, Vol
1, pp. 106-113.
Punju, A. K., & Adindarena, V. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan
Tenun Ikat Di Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten
Sumba Timur. Jurnal Transformatif Unkriswina Sumba, Vol 11, No.1, pp.
14-29.
Sepa, F., Bunga, M., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. E. (2023). Strategi
Pemasaran Kain Tenun (Studi Kasus pada UMKM Tenun Ikat Ina Sabu
Kupang). Glory Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, Vol 4, No. 4, pp. 887-905.
Widyawati, N. K., Budhyani, I. D. A. M., & Mayuni, P. A. (2023). Motif Kain
Tenun Endek Berbasis Budaya Bali Pada Pertenunan Ikat Wisnu Murti Di
Desa Keramas, Blahbatuh Gianyar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan
Kejuruan, Vol
20, No. 2, pp. 188-199.