PENGAJARAN PENGOLAHAN SAMPAH, LITERASI KEUANGAN, DAN KESADARAN MENGKONSUMSI MAKANAN BERGIZI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KERAMAS
Kata Kunci:
pengolahan sampah, literasi keuangan, makanan bergiziAbstrak
Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bentuk pengabdian
mahasiswa kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar
Negeri 2 Keramas dengan fokus pada peningkatan kesadaran dan pemahaman
siswa terhadap literasi keuangan, pentingnya makanan bergizi, serta
pengelolaan sampah. Program mengajar diterapkan pada tiga tingkatan kelas:
Kelas I dengan materi literasi keuangan dasar, kelas II dengan materi
pentingnya makanan bergizi, dan kelas VI dengan materi pemilahan sampah
organik dan anorganik. Metode pembelajaran yang digunakan bersifat
interaktif, termasuk diskusi, permainan edukatif, dan demonstrasi langsung.
Hasil dari kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa
terhadap materi yang diberikan, terlihat dari respons aktif dan hasil evaluasi
sederhana yang dilakukan setelah pembelajara. Dengan adanya program ini,
diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan
kesadaran siswa sekolah dasar terhadap pengelolaan keuangan sejak dini, pola
makan sehat, serta kebiasaan memilah sampah. Dengan pendekatan yang
menyenangkan dan berbasis praktik, diharapkan materi yang telah diajarkan
dapat membentuk kebiasaan baik bagissiswa di kehidupan sehari-hari.
Referensi
Cendekia, J. K. HUBUNGAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEUANGAN
DENGAN KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN ANAK USIA 4-
5 TAHUN.
Hakam, M., Wahyusi, K. N., Hidayah, E. N., QZN, S., & Novembrianto, R. (2022).
Edukasi Pemilahan Sampah Bagi Anak Sekolah Dasar di Desa
Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. abdimesin, 2(2), 1-6.
Jauhari, M. T., & Hidayah, N. (2021). Penyuluhan Makanan Bergizi Seimbang
Melalui Pendekatan Metode Ular Tangga. ADMA: Jurnal Pengabdian
dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 85-90.
Lingga, L. J., Yuana, M., Sari, N. A., Syahida, H. N., Sitorus, C., & Shahron, S.
(2024). Sampah di Indonesia: Tantangan dan solusi menuju perubahan
positif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research,
4(4), 12235-12247.
Manyullei, S., Handayani, S., Maipadiapati, A., Syahputra, A. U., Ikram, M.,
Musdalifah, M., ... & Adzymi, I. (2024). Edukasi Pengolahan Sampah
Organik Menggunakan Metode Tatakura dan Eco Enzyme Pada Siswa
SD 186 Karangan Kabupten Enrekang. Abdi Wiralodra: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 308-322.
Nisa, A. C. (2023). Makan Sehat Tubuh Kuat! Siswa SD Belajar Konsumsi
Gizi Seimbang dan Jajanan Sehat dengan Isi Piringku. Diakses pada 18
Maret 2025. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/bestseller/cara-menulis-daftarpustaka/?srsltid=AfmBOooHQN14TnpiHG3djTLoFVWwYFbRS_G
QL5V0VGNdt0By1sHc8OTq
Wati, F. R., Rizqi, A., Iqbal, M. I. M., Langi, S. S., & Putri, D. N. (2021).
Efektivitas kebijakan pengelolaan sampah berbasis tempat pengelolaan
sampah terpadu 3R di Indonesia. Perspektif, 10(1), 195-203.