PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DALAM PENGUATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, Bahasa Inggris, Kosakata Dasar, Learning Through GamesAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan perwujudan dari Tri
Dharma Perguruan Tinggi yang berperan signifikan dalam mendorong kemajuan
sosial. Melalui kegiatan ini, institusi pendidikan tinggi dapat mengambil bagian
langsung dalam menjawab permasalahan sosial dan meningkatkan kapasitas
masyarakat. Salah satu bentuk nyata kontribusi mahasiswa Universitas Mahasaraswati
Denpasar adalah pelaksanaan program penguatan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa
sekolah dasar di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Program
ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman serta keterampilan dasar berbahasa
Inggris melalui pendekatan yang menyenangkan dan aplikatif, yakni metode Learning
Through Games. Mengingat pentingnya penguasaan Bahasa Inggris sejak dini dalam
menghadapi tantangan global dan pendidikan lanjutan, SDN 4 Kemenuh dipilih
sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan. Program ini terdiri dari dua agenda utama:
pelatihan kosakata dasar dan penerapan pembelajaran berbasis permainan edukatif.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan penguasaan
kosakata, kemampuan berkomunikasi, serta membangun kepercayaan diri siswa.
Diharapkan metode ini dapat terus digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif
di lingkungan sekolah dasar.
Referensi
Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan
Masyarakat Berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654-4663.
Fitria, T. N. (2022). Pengajaran kosakata dasar bahasa Inggris (English Basic
Vocabulary) dengan metode drilling untuk anak-anak desa kalangan Mulur
Sukoharjo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 67-72.
Triyanto, D., & Astuti, R. Y. (2021). Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia
Dini Di Desa Purwoasri, 28 Metro Utara. SETARA: Jurnal Studi Gender dan
Anak, 3(2), 45-55.
Ummah, S. S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. (2023). Permainan
Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar.
Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 91-103.