PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA INGGRIS, KREATIVITAS DAN KEUANGAN UNTUK GENERASI EMAS DI SD NEGERI 3 GUWANG

Penulis

  • Ni Luh Putu Widhiastuti
  • I Made Dharma Atmaja
  • Septerida Maumanet
  • Komang Ayuningsih

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Literasi Keuangan, Menabung, Kreativitas.

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada SD Negeri 3
Guwang, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Adapun tujuan
dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar Bahasa Inggris serta
literasi keuangan siswa, khususnya kelas IV dan V. Berdasarkan hasil obsevasi,
ditemukan siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai kosa kata bahasa
Inggris serta kurangnya pemahaman mengenai pentingnya menabung sejak dini.
Solusi yang ditawarkan adalah dua program yaitu Kelas Kreatif Bahasa Inggris dengan
mengajarkan kosa kata dan percakapan melalui lagu, permainan, dan roleplay.
Program kedua adalah Sosialisasi Pentingnya Menabung dengan melibatkan siswa
dalam membuat celengan dari bahan daur ulang. Hasil kegiatan menunjukan
peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa pada materi yang diberikan. Metode
pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatakan antusiasme siswa dan
mendorong nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Agustina, L., & Firmansyah, A. (2020). Pembelajaran Menabung Pada Anak Usia

Dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD, 4(1), 88-92

Dipdiknas. (2008). Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Kreatif Di Sekolah Dasar.

Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah,Departemen

Pendidikan Nasional.

Hamzah, b. uno. (2012). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar

yang kreatif dan efektif. Jakarta: bumi aksara.

Lestari, I. (2015). Penerapan Media Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 112-120.

Nabila, S.; Tsania, S.P.; M. Sri. E.D.; Yusup, R. (2024). Penerapan Metode Interaktif

Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas 5 MI

Cirenged Kabupaten Sukabumi. MESIR: Journal of Management Education

Social Sciences Information and Religion. Vol. 1, No.2, Hal. 545-551

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2021). Modul Literasi Keuangan Untuk Siswa SD.

Jakarta: OJK

Suyanto, K. E. (2017). English For Young Learnes. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2025-07-01