STRATEGI MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA HIDDEN CANYON BEJI GUWANG
Kata Kunci:
daya tarik wisata, video promosi, bannerAbstrak
Hidden Canyon Beji Guwang merupakan destinasi wisata alam di Desa
Guwang, Kabupaten Gianyar, Bali, yang memiliki daya tarik eksotis berupa tebingtebing batu alami dan jalur trekking sungai. Namun, setelah pandemi COVID-19,
kunjungan wisatawan menurun drastis, terutama karena kurangnya promosi digital dan
petunjuk arah fisik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk
meningkatkan daya tarik wisata Hidden Canyon melalui pembuatan video promosi dan
banner berbahasa asing (Inggris dan Jepang). Metode pelaksanaan meliputi observasi,
koordinasi, produksi konten, pemasangan banner, dan publikasi video di media sosial.
Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan visibilitas Hidden Canyon serta
meningkatnya keterlibatan masyarakat lokal. Program ini diharapkan dapat
mendukung pengembangan desa wisata secara berkelanjutan dan memperkuat potensi
lokal.
Referensi
Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar. (2023). Profil Wisata Hidden Canyon Beji
Guwang. Gianyar: Dispar Gianyar.
Hadiwijowo, Suryo Sakti2018. Perencanaan Pengembangan Desa Wisata Berbasis
Masyarakat. Yogyakarta : Suluh Media.
Hamuna, B., & Tanjung, R. H. R. (2018). Deteksi Perubahan Luasan Mangrove Teluk
Youtefa Kota Jayapura Menggunakan Citra Landsat Multitemporal. Majalah
Geografi Indonesia, 32(2), 115. https://doi.org/10.22146/mgi.33755
KPKNL Denpasar (2023). https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-denpasar/bacaartikel/16223/Hidden-Canyon-Beji-Guwang-Kemandirian-Pengelolaan-WisataCanyoning.html
Meutuah, Z. N., Caisarina, I., & Dewi, C. (2022). Pemetaan Komponen Pariwisata
(6A) Untuk Perencanaan Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus: Gampong
Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 6(4), 118–124.
https://jim.usk.ac.id/ArsitekturPWK/article/view/21489
Paramitha, A. (2022). Analisis potensi wisata dan strategi pengembangan daya tarik
wisata pantai blue lagoonbali. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(1), 1–23.
https://doi.org/10.22334/paris.v1i1.1
Umur, S. A., Prihatini, A. E., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Strategi Promosi dan
Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Destinasi Pariwisata.
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 641–650.
https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35891
Wiseza, F. C. (2017). Faktor-faktor yang mendukung pengembangan obyek wisata
Bukit Khayangan di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Nur El-Islam, 4(1), 89–
106.