KOMBINASI INOVASI PEMBELAJARAN AGRIBISNIS DAN TEKNIK MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SDN 2 GUWANG
Kata Kunci:
Inovasi Pembelajaran, Agribisnis, Bahasa InggrisAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud nyata keterlibatan
mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan yang ada di lingkungan sosial melalui
pendekatan edukatif dan kolaboratif. Di SDN 2 Guwang, ditemukan dua permasalahan
utama, yakni kurangnya inovasi dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) bertema menanam bunga, serta terbatasnya teknik pengajaran yang
menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Sebagai bentuk solusi, program
pengabdian ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa
terhadap konsep agribisnis melalui edukasi hidroponik, sekaligus mengembangkan
kemampuan berbicara Bahasa Inggris melalui metode pembelajaran kreatif dan
interaktif. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri atas observasi, perencanaan,
pelaksanaan edukasi, dan evaluasi. Edukasi hidroponik diberikan melalui praktik
langsung menanam tanaman tanpa tanah, sementara pembelajaran bahasa inggris
difokuskan pada penggunaan teknik small group discussion dan roleplay dengan
media gambar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan telah
terlaksana dengan baik sesuai rencana. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan
peningkatan pemahaman terhadap materi hidroponik, serta kepercayaan diri yang
lebih besar dalam berbicara bahasa inggris. Dapat disimpulkan bahwa kombinasi
antara inovasi pembelajaran agribisnis dan teknik mengajar Bahasa Inggris berbasis
praktik mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 2 Guwang. Program ini
tidak hanya memberikan dampak jangka pendek dalam bentuk peningkatan
keterampilan siswa, tetapi juga membuka peluang keberlanjutan dalam bentuk media
belajar yang bisa terus dimanfaatkan oleh pihak sekolah.
Referensi
Administrator Desa Guwang. 2014. Profil desa https://pemerintahan-desaguwang.com. Diakses tanggal 29 maret 2025
Aminatun, D; Alita, D.; Rahmanto, Y.; Putra, A.D. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris
Melalui Pembelajaran Interaktif di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of
Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS),
Vol.1, No. 2, Hal. 66-71
Amir, A., & Suryana, D. (2018). Active learning teaching and learning model of
Entrepreneurship subject at English Education program of Indonesia University
of Education. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 1-8.
Bakri, S., Setiawan, I.P. and Kamal, A., 2023. Kolaborasi Membangun Desa (Refleksi
Kegiatan KKN Universitas Islam Makassar tahun 2023). Ash-Shahabah: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp.26-35.
Cosner, S. (2020). A Deeper Look into Next Generation Active Learning Designs for
Educational Leader Preparation. Journal of Research on Leadership Education,
15(3), 167–172. https://doi.org/10.1177/1942775120936301
Destrinelli, D., Hayati, S., & Pamela, I. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui
Sistem Bercocok Tanam Hidroponik Di SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(2), 148–
152. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/13758
Halim, J. (2017). Enam teknik hidroponik: Pilihan teknik bercocok tanam tanpa tanah
di perkotaan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Wekke, I.S., 2022. Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi.
Penerbit Adab.