PROGRAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN ANAK MELALUI SOSIALISASI MENABUNG DI DESA CELUK

Penulis

  • Putu Diah Kumalasari
  • I Made Surya Prayoga
  • Ni Putu Chintya Sri Wahyuni
  • Dita Nur Rahma

Kata Kunci:

anak, keuangan, literasi, menabung, pendidikan

Abstrak

Desa Celuk, yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali,
dikenal sebagai sentra kerajinan perak dan emas, namun memiliki tantangan dalam hal
literasi keuangan anak usia dini. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak di
Desa Celuk, khususnya siswa sekolah dasar, masih menunjukkan rendahnya minat
dalam menabung serta kurangnya pemahaman tentang pengelolaan uang saku. Untuk
mengatasi permasalahan ini, program pengabdian kepada masyarakat dengan tema
"Sosialisasi Upaya Peningkatan Minat Menabung dan Pengelolaan Uang Saku" telah
dilaksanakan di SD Negeri 1, SD Negeri 2, dan SD Negeri 3 Celuk. Program ini terdiri
dari dua kegiatan utama: sosialisasi mengenai pentingnya menabung dan pengelolaan
uang saku, serta pelaksanaan program "Celengan Target Kreatif" yang melibatkan
siswa dalam pembuatan dan penghiasan celengan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa
program ini diterima dengan baik oleh siswa dan berhasil meningkatkan pemahaman
mereka tentang literasi keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan motivasi
siswa untuk menabung secara rutin melalui pendekatan yang menyenangkan dan
aplikatif. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam
membentuk kebiasaan keuangan yang bijak di kalangan siswa dan mendorong
pentingnya pendidikan finansial sejak usia dini.

Referensi

Ariani, N. M., & Sari, P. K. (2023). Peran Sekolah Dasar dalam Penguatan Karakter Siswa

di Lingkungan Desa Adat. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 85–93.

https://doi.org/10.23887/jpk.v14i2.57894

Bhisama, I. B. P., Wirawan, I. P. A. P., Manek, D., Novyantari, N. P. W., Widiningsih, N. K.

R., & Prayoga, M. H. (2023). Sosialisasi 3r (Reduce, Reuse, Recycle) dan Pentingnya

Menabung Melalui Media Poster di SD Negeri 3 Mengwi. Jurnal Abdi Dharma

Masyarakat (JADMA), 4(2), 85–90. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7614

Damanik, T. N., & Prasetyo, D. (2022). Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini: Sebuah

Tinjauan Teoritis. Jurnal Psikologi Anak, 10(1), 22–31.

https://doi.org/10.31227/osf.io/abcd1

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2023). Profil Desa

dan Kelurahan 2023. Jakarta: Kemendes PDTT.

Kertamuda, R. (2022). Golden Age: Masa Kritis Perkembangan Anak dalam Pembentukan

Karakter Positif. Jurnal Psikologi Pendidikan, 21(1), 34–45.

https://doi.org/10.14710/jpp.21.1.34-45

Lestari, N., Handayani, T., & Wijayanti, R. (2022). Pengaruh Media Edukatif terhadap

Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 155–163.

https://doi.org/10.17509/jpaud.v6i3.12345

Muhamad, M. (2023). Menumbuhkan Karakter Sadar Finansial Sejak Dini melalui Kebiasaan

Menabung. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 9(2), 102–110.

https://doi.org/10.15294/jep.v9i2.67890

Saragih, R. (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Dini untuk Generasi Masa Depan.

Jurnal Sosial dan Ekonomi, 5(1), 44–52. https://doi.org/10.31227/osf.io/qwert

Sari, R. Y., & Kurniawati, I. (2024). Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar dan Solusi

melalui Edukasi Keuangan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 11–20.

https://doi.org/10.36709/jpd.v12i1.12487

Diterbitkan

2025-07-01