PROGRAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN ANAK MELALUI SOSIALISASI MENABUNG DI DESA CELUK
Kata Kunci:
anak, keuangan, literasi, menabung, pendidikanAbstrak
Desa Celuk, yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali,
dikenal sebagai sentra kerajinan perak dan emas, namun memiliki tantangan dalam hal
literasi keuangan anak usia dini. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak di
Desa Celuk, khususnya siswa sekolah dasar, masih menunjukkan rendahnya minat
dalam menabung serta kurangnya pemahaman tentang pengelolaan uang saku. Untuk
mengatasi permasalahan ini, program pengabdian kepada masyarakat dengan tema
"Sosialisasi Upaya Peningkatan Minat Menabung dan Pengelolaan Uang Saku" telah
dilaksanakan di SD Negeri 1, SD Negeri 2, dan SD Negeri 3 Celuk. Program ini terdiri
dari dua kegiatan utama: sosialisasi mengenai pentingnya menabung dan pengelolaan
uang saku, serta pelaksanaan program "Celengan Target Kreatif" yang melibatkan
siswa dalam pembuatan dan penghiasan celengan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa
program ini diterima dengan baik oleh siswa dan berhasil meningkatkan pemahaman
mereka tentang literasi keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan motivasi
siswa untuk menabung secara rutin melalui pendekatan yang menyenangkan dan
aplikatif. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam
membentuk kebiasaan keuangan yang bijak di kalangan siswa dan mendorong
pentingnya pendidikan finansial sejak usia dini.
Referensi
Ariani, N. M., & Sari, P. K. (2023). Peran Sekolah Dasar dalam Penguatan Karakter Siswa
di Lingkungan Desa Adat. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 85–93.
https://doi.org/10.23887/jpk.v14i2.57894
Bhisama, I. B. P., Wirawan, I. P. A. P., Manek, D., Novyantari, N. P. W., Widiningsih, N. K.
R., & Prayoga, M. H. (2023). Sosialisasi 3r (Reduce, Reuse, Recycle) dan Pentingnya
Menabung Melalui Media Poster di SD Negeri 3 Mengwi. Jurnal Abdi Dharma
Masyarakat (JADMA), 4(2), 85–90. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7614
Damanik, T. N., & Prasetyo, D. (2022). Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini: Sebuah
Tinjauan Teoritis. Jurnal Psikologi Anak, 10(1), 22–31.
https://doi.org/10.31227/osf.io/abcd1
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2023). Profil Desa
dan Kelurahan 2023. Jakarta: Kemendes PDTT.
Kertamuda, R. (2022). Golden Age: Masa Kritis Perkembangan Anak dalam Pembentukan
Karakter Positif. Jurnal Psikologi Pendidikan, 21(1), 34–45.
https://doi.org/10.14710/jpp.21.1.34-45
Lestari, N., Handayani, T., & Wijayanti, R. (2022). Pengaruh Media Edukatif terhadap
Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 155–163.
https://doi.org/10.17509/jpaud.v6i3.12345
Muhamad, M. (2023). Menumbuhkan Karakter Sadar Finansial Sejak Dini melalui Kebiasaan
Menabung. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 9(2), 102–110.
https://doi.org/10.15294/jep.v9i2.67890
Saragih, R. (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Dini untuk Generasi Masa Depan.
Jurnal Sosial dan Ekonomi, 5(1), 44–52. https://doi.org/10.31227/osf.io/qwert
Sari, R. Y., & Kurniawati, I. (2024). Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar dan Solusi
melalui Edukasi Keuangan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 11–20.