MENINGKATKAN KECEPATAN BERPIKIR DAN NUMERASI SISWA SD NEGERI SE-DESA CELUK
Kata Kunci:
berpikir, dasar, numerasi, pendidikanAbstrak
Kemampuan numerasi yang rendah di kalangan siswa sekolah dasar
berdampak signifikan terhadap kualitas pendidikan dasar, terutama dalam memahami
dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Program
pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri se-Desa Celuk dengan tujuan meningkatkan
kecepatan berpikir dan pemahaman numerasi melalui pendekatan interaktif dan
menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, pemberian
pembelajaran numerasi berbasis diagram batang, serta kuis berbasis permainan. Hasil
kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap numerasi dan
perubahan sikap positif terhadap pelajaran matematika. Dukungan pihak sekolah dan
pemerintah desa menjadi faktor penting keberhasilan program. Artikel ini
merekomendasikan pengembangan metode berbasis teknologi serta evaluasi berkala
untuk efektivitas berkelanjutan.
Referensi
Dewi, L. G. K., Dewi, N. L. P. S.., & Swari, N. K. C. W. (2024). Penguatan Literasi
dan Numerasi Melalui Praktek Kewirausahaan di SD Negeri 2 Batukandik.
Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 5(1), 7–13.
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.8748
Fitriyani, R., Suryadi, D., & Hidayat, W. (2022). Strategi meningkatkan kemampuan
numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan
Matematika dan Sains, 10(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jpms.v10i1.1234
Maghfiroh, N., Sulastri, E., & Kurniawan, A. (2022). Analisis literasi dan numerasi
siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 9(2), 78–87. https://doi.org/10.5678/jipd.v9i2.5678
Pemu, F. R. (2023). Penguatan numerasi dalam pembelajaran berbasis proyek untuk
siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 11(3), 112–120.
https://doi.org/10.21043/jipd.v11i3.6789
Rahmawati, N., & Nuryadi, E. (2023). Peran kolaborasi dalam kegiatan pengabdian
masyarakat di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Nusantara, 5(1), 15–23. https://doi.org/10.5432/jpkn.v5i1.4321
Sari, D. A., & Mahendra, Y. (2022). Membangun sinergi antara sekolah dan
masyarakat dalam program numerasi. Jurnal Kependidikan dan Pengabdian,
6(3), 90–98. https://doi.org/10.2345/jkp.v6i3.5566
Setyo, B. (2023). Meningkatkan literasi numerasi melalui permainan edukatif pada
siswa SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, 8(1), 33–42.
https://doi.org/10.31294/jpaud.v8i1.7890
Utami, S. H., & Hidayat, A. (2022). Model pemberdayaan numerasi berbasis
masyarakat pada siswa SD. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 4(2), 65–72.
https://doi.org/10.5194/jpm.v4i2.3345
Yuliani, N., & Kartika, R. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran interaktif
terhadap kemampuan numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan
Humaniora, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.9876/jpdh.v7i1.2323