MENINGKATKAN KECEPATAN BERPIKIR DAN NUMERASI SISWA SD NEGERI SE-DESA CELUK

Penulis

  • Putu Diah Kumalasari
  • I Made Tamba
  • Ni Komang Bintang Cahyani
  • Komang Tri Rusnidewi

Kata Kunci:

berpikir, dasar, numerasi, pendidikan

Abstrak

Kemampuan numerasi yang rendah di kalangan siswa sekolah dasar
berdampak signifikan terhadap kualitas pendidikan dasar, terutama dalam memahami
dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Program
pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri se-Desa Celuk dengan tujuan meningkatkan
kecepatan berpikir dan pemahaman numerasi melalui pendekatan interaktif dan
menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, pemberian
pembelajaran numerasi berbasis diagram batang, serta kuis berbasis permainan. Hasil
kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap numerasi dan
perubahan sikap positif terhadap pelajaran matematika. Dukungan pihak sekolah dan
pemerintah desa menjadi faktor penting keberhasilan program. Artikel ini
merekomendasikan pengembangan metode berbasis teknologi serta evaluasi berkala
untuk efektivitas berkelanjutan.

Referensi

Dewi, L. G. K., Dewi, N. L. P. S.., & Swari, N. K. C. W. (2024). Penguatan Literasi

dan Numerasi Melalui Praktek Kewirausahaan di SD Negeri 2 Batukandik.

Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 5(1), 7–13.

https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.8748

Fitriyani, R., Suryadi, D., & Hidayat, W. (2022). Strategi meningkatkan kemampuan

numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan

Matematika dan Sains, 10(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jpms.v10i1.1234

Maghfiroh, N., Sulastri, E., & Kurniawan, A. (2022). Analisis literasi dan numerasi

siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(2), 78–87. https://doi.org/10.5678/jipd.v9i2.5678

Pemu, F. R. (2023). Penguatan numerasi dalam pembelajaran berbasis proyek untuk

siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 11(3), 112–120.

https://doi.org/10.21043/jipd.v11i3.6789

Rahmawati, N., & Nuryadi, E. (2023). Peran kolaborasi dalam kegiatan pengabdian

masyarakat di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Nusantara, 5(1), 15–23. https://doi.org/10.5432/jpkn.v5i1.4321

Sari, D. A., & Mahendra, Y. (2022). Membangun sinergi antara sekolah dan

masyarakat dalam program numerasi. Jurnal Kependidikan dan Pengabdian,

6(3), 90–98. https://doi.org/10.2345/jkp.v6i3.5566

Setyo, B. (2023). Meningkatkan literasi numerasi melalui permainan edukatif pada

siswa SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, 8(1), 33–42.

https://doi.org/10.31294/jpaud.v8i1.7890

Utami, S. H., & Hidayat, A. (2022). Model pemberdayaan numerasi berbasis

masyarakat pada siswa SD. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 4(2), 65–72.

https://doi.org/10.5194/jpm.v4i2.3345

Yuliani, N., & Kartika, R. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran interaktif

terhadap kemampuan numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan

Humaniora, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.9876/jpdh.v7i1.2323

Diterbitkan

2025-07-01