PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRANDING DAN PEMASARAN DHARMA KARYA YADNYA DI DESA BURUAN
Kata Kunci:
UMKM, Digital Marketing, Branding, Media Sosial, Promosi.Abstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan branding
dan pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dharma Karya Yadnya
yang berlokasi di Banjar Buruan, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten
Gianyar, Bali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa mitra
belum memanfaatkan media digital secara optimal dalam memasarkan produk, serta
belum memiliki identitas visual berupa banner usaha. Untuk menjawab permasalahan
tersebut, kegiatan ini meliputi pembuatan akun media sosial (Instagram) sebagai
sarana promosi digital, serta perancangan dan pemasangan banner usaha sebagai
identitas visual. Metode pelaksanaan melibatkan observasi, wawancara, pelatihan, dan
pendampingan langsung kepada mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program
berhasil meningkatkan pemahaman mitra terhadap pentingnya strategi pemasaran
digital, dengan peningkatan pemahaman dari 20% menjadi 80%. Selain itu, media
promosi yang dihasilkan terbukti membantu memperluas jangkauan pasar serta
meningkatkan daya saing UMKM. Diharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal bagi
UMKM dalam mengoptimalkan potensi digital marketing guna mendukung
pertumbuhan usaha secara berkelanjutan.
Referensi
Badan Pusat Statistik. Sensus.bps.go.id. Diakses tanggal 05 April 2025. Melalui
Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap
Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic
Economic Journal, 2(1), 42–47.
Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan
Living Space Dan Efo Store. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
LPPM. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar.
Peduli Pandemi Covid-19 Periode I Tahun 2022.
N. Patel, “Marketing Prediction Digital,” NP Digital. [Online]. Available:
https://neilpatel.com/blog/marketing-predictions digital/
Nabilasintia. (2025). Upaya mendukung usaha mikro dan UMKM : Pemasangan
banner di warung-warung lokal. Diakses tanggal 05 April 2025 melalui
Putri, J. A.,dkk. (2024). Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Daya
Saing di Era Digital Pada Kopi Dayno Ciputat. Jurnal Manajemen, Universitas
Muhammadiyah Jakarta, hlm 44521-44527. Volume 8.
Putri, J. A.,dkk. (2024). Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Daya
Saing di Era Digital Pada Kopi Dayno Ciputat. Jurnal Manajemen,
Universitas Muhammadiyah Jakarta, hlm 44521-44527. Volume 8.
Putri, R, E., Wasito, M., & Lestari, A. N. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial
Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal
Kepada Masyarakat), 4(3), 667-675.
Sabella, C., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Strategi
Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Kelurahan Gunung
Anyar Tambak. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(3), 44-53.
Sastrawan, I. G. (2020). Analisis kelayakan Desa Buruan sebagai desa wisata di
Kabupaten Gianyar. ResearchGate.
Subiyantoro, E., Muslikh, A. R., Andarwati, M., Swalaganata, G., & Pamuji, F. Y.
(2021). Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM berbasis
desktop.
Yulianto, E. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan
UMKM Kota Depok. Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia, 13(2).