PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRANDING DAN PEMASARAN DHARMA KARYA YADNYA DI DESA BURUAN

Penulis

  • Putu Lasmi Yuliyanthi Sapanca
  • Ni Pande Kadek Ari Darmayanti
  • Ni Pande Komang Tri Darmayanti

Kata Kunci:

UMKM, Digital Marketing, Branding, Media Sosial, Promosi.

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan branding
dan pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dharma Karya Yadnya
yang berlokasi di Banjar Buruan, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten
Gianyar, Bali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa mitra
belum memanfaatkan media digital secara optimal dalam memasarkan produk, serta
belum memiliki identitas visual berupa banner usaha. Untuk menjawab permasalahan
tersebut, kegiatan ini meliputi pembuatan akun media sosial (Instagram) sebagai
sarana promosi digital, serta perancangan dan pemasangan banner usaha sebagai
identitas visual. Metode pelaksanaan melibatkan observasi, wawancara, pelatihan, dan
pendampingan langsung kepada mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program
berhasil meningkatkan pemahaman mitra terhadap pentingnya strategi pemasaran
digital, dengan peningkatan pemahaman dari 20% menjadi 80%. Selain itu, media
promosi yang dihasilkan terbukti membantu memperluas jangkauan pasar serta
meningkatkan daya saing UMKM. Diharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal bagi
UMKM dalam mengoptimalkan potensi digital marketing guna mendukung
pertumbuhan usaha secara berkelanjutan.

Referensi

Badan Pusat Statistik. Sensus.bps.go.id. Diakses tanggal 05 April 2025. Melalui

https://sp2010.bps.go.id/

Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap

Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic

Economic Journal, 2(1), 42–47.

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan

Living Space Dan Efo Store. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

LPPM. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar.

Peduli Pandemi Covid-19 Periode I Tahun 2022.

N. Patel, “Marketing Prediction Digital,” NP Digital. [Online]. Available:

https://neilpatel.com/blog/marketing-predictions digital/

Nabilasintia. (2025). Upaya mendukung usaha mikro dan UMKM : Pemasangan

banner di warung-warung lokal. Diakses tanggal 05 April 2025 melalui

https://www.kompasiana.com.

Putri, J. A.,dkk. (2024). Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Daya

Saing di Era Digital Pada Kopi Dayno Ciputat. Jurnal Manajemen, Universitas

Muhammadiyah Jakarta, hlm 44521-44527. Volume 8.

Putri, J. A.,dkk. (2024). Strategi Pemasaran UMKM dalam Upaya Meningkatkan Daya

Saing di Era Digital Pada Kopi Dayno Ciputat. Jurnal Manajemen,

Universitas Muhammadiyah Jakarta, hlm 44521-44527. Volume 8.

Putri, R, E., Wasito, M., & Lestari, A. N. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial

Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal

Kepada Masyarakat), 4(3), 667-675.

Sabella, C., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Strategi

Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Kelurahan Gunung

Anyar Tambak. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(3), 44-53.

Sastrawan, I. G. (2020). Analisis kelayakan Desa Buruan sebagai desa wisata di

Kabupaten Gianyar. ResearchGate.

Subiyantoro, E., Muslikh, A. R., Andarwati, M., Swalaganata, G., & Pamuji, F. Y.

(2021). Pengembangan aplikasi pemilihan media promosi UMKM berbasis

desktop.

Yulianto, E. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan

UMKM Kota Depok. Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia, 13(2).

Diterbitkan

2025-07-01