PEMBUATAN LOGO USAHA DAN PEMBUATAN AKUN ECOMMERCE UNTUK PROMOSI PRODUK YANG EFEKTIF
Kata Kunci:
UMKM, Logo, E-commerceAbstrak
UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dipahami sebagai satu dari
sejumlah aktivitas ekonomi yang dilaksanakan guna membantu perekonomian negara
dengan mendorong kreativitas dan inovasi lokal dengan mendirikan usaha,
mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kualitas produk lokal. Di era saat ini
logo menjadi sebuah elemen krusial yang perlu disediakan seluruh kalangan bisnis
sebab logo menunjukkan ciri khas tersendiri dari usaha tersebut. Pembuatan logo usaha
yang representatif akan memberikan identitas visual yang kuat khususnya bagi
UMKM. Pembuatan logo dan akun e-commerce khususnya bagi UMKM sangat
penting untuk dilakukan pada saat ini dengan melihat perkembangan zaman yang
semakin maju, akun e-commerce sebagai media promosi produk merupakan suatu hal
yang efektif yang dapat memfasilitasi pemasaran digital, memperluas jangkauan pasar,
dan mempermudah transaksi penjualan secara online. Selain itu juga dapat
memperkuat branding usaha, serta meningkatkan pendapatan pelaku UMKM melalui
pemanfaatan teknologi informasi dan platform digital yang semakin berkembang.
Dengan pembuatan akun e-commerce akan membantu UMKM yang ada di Desa Bona
dalam memperluas jangkauan pasar.
Referensi
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah
Pengabdian Mayarakat (KPM). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi
Penyiar Islam, 1(20).
Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., & Marta, R. F.
(2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran.
CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59 73.
Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk
Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen
Islam, 8(2), 199-216.
Sulaksono, Juli &Zakaria, Nizar. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation
Jurnal, Vol.4, No.1.