PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA KREATIF DI SMA PGRI BLAHBATUH
Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Media Pembelajaran Kreatif, Pembelajaran Menyenangkan, Partisipasi Siswa, Recount TextAbstrak
Kegiatan pengabdian masyrakat berupa pengajaran Bahasa Inggris di SMA
PGRI Blahbatuh ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat serta partisipasi siswa
dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan yang berlandasan media
pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Adapun hasil observasi awal yang
dilakukan, ditemukan bahwa siswa kelas 10 SMA PGRI Blahbatuh memiliki rasa
antusias tinggi terhadap Bahasa Inggris, namun masih kesulitan dalam pengucapan,
pemahaman materi, serta kosakata. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pelaksana
pengabdian masyarakat mengajarkan materi recount text dengan berbagai media mulai
dari flashcards, comic strip, video, PowerPoint, serta aplikasi interaktif Mentimeter.
Kegiatan ini dilaksanakan melalui empat tahap: observasi, persiapan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterlibatan siswa
selama pembelajaran dan seluruh rencana pengajaran yang sudah disusun sebelumnya
sudah berhasil dicapai. Program pengabdian masyrakat ini berhasil menciptakan
suadana belajar yang lebih menarik, sehingga memotivasi siswa untuk turut
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Referensi
Agung, I.G.A.M., Skolastika, I.M.P. and Widiantara, D.S.M. (2022) ‘Peningkatan
Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA dan SMK Melalui Program
“Mengabdi Padamu Negeri”’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), pp.
3065– 3075.
Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam
menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-
106.
Lubis, J. P., Fitri, N. Z. N., & Ridwan, S. C. (2024). Pentingnya Menguasai Bahasa
Inggris dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa
Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3599-3605.
Lukman et al. (2017) ‘PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS
MASYARAKAT’, 1(1), pp. 10–12.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta
Dharmawangsa, (50).
Wulandari, W. (2023). Efektivitas Metode Mengajar yang Variatif dalam Keberhasilan
Pembelajaran Bahasa Inggris. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 263-
267.