PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM BAHASA INDONESIA DAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD 2 BELEGA

Penulis

  • Putu Pradiva Putra Salain
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari
  • Ni Kadek Dini Maharani
  • Ni Luh Gd Marsya Putri Indriani

Kata Kunci:

Menulis, Berbicara, Problem Based Learning, Role Play

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SDN 2 Belega,
Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Fokus kegiatan adalah
mengembangkan keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia dan keterampilan
berbicara dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas 4. Permasalahan utama yang dihadapi
siswa adalah rendahnya kemampuan menulis yang runtut dan benar dalam bahasa
Indonesia serta belum pernahnya mereka mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris
secara formal. Sebagai solusi, kegiatan ini dilakukan melalui metode pembelajaran
interaktif seperti Problem-Based Learning (PBL) untuk menulis dan Role Play untuk
keterampilan berbicara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi
siswa dalam dua bahasa, serta menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam
berkomunikasi. Media pembelajaran yang digunakan berupa lembar kerja, permainan,
dan praktik langsung yang membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Hasil
kegiatan menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam setiap sesi
pembelajaran. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mendukung
peningkatan kualitas pendidikan dasar, terutama di daerah yang belum memiliki akses
pembelajaran bahasa Inggris secara optimal.

Referensi

Astuti, R. (2020). Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 123–130.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Pearson

Education Limited.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar

Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Nurhadi. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa Pemula. Jurnal

Linguistik Terapan, 15(1), 45–52.

Rahmawati, I., & Cahyono, B. Y. (2019). Teaching English to Young Learners in Rural

Areas: Challenges and Solutions. Indonesian Journal of EFL and Linguistics,

4(2), 231–245.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching

(3rd ed.). Cambridge University Press.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Setiawan, R. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Menulis Bahasa Indonesia.

Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 77–85.

Diterbitkan

2025-07-01