MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI SD NEGERI 2 BELEGA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME
Kata Kunci:
Literasi, Pembelajaran Berbasis Game, Kampus Mengajar.Abstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan literasi siswa kelas 3 di SD Negeri 2 Belega melalui pembelajaran
berbasis game. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya minat dan
kemampuan literasi dasar siswa, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang
monoton dan kurang interaktif. Kegiatan dilakukan dengan memberikan pelajaran
tambahan literasi serta menerapkan media pembelajaran berbasis permainan edukatif
seperti game tebak gambar dan kuis interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya
peningkatan dalam kemampuan membaca dan menulis siswa, serta meningkatnya
motivasi dan antusiasme mereka dalam proses belajar. Pendekatan ini terbukti efektif
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mampu menjadi solusi alternatif
dalam mengatasi rendahnya literasi di sekolah dasar.
Referensi
Megah, S. I., Dewi, D. S., dan Wilany, E. (2019). Sosialisasi Dan Pembelajaran
Kepada Anak.
Musa Azhari, B., Alifia Puteri, H., Azizah, I., Kamila, N., Azifatun Nazwa, H., &
Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca
dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja
Komik Berbasis STEAM dan MIKiR. To Maega : Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 5(2), 250.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik
siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-
15.
Poernamawatie, F., & Winarni, Y. 2021. PkM Pada Anak Usia Sekolah Dasar:
Mengembangkan Budaya Literasi di Lingkungan Tawang Brak Desa
Tawangsari, Kec. Garum Kab. Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,
8(1), 23-29.
Siahaan, S., Putri, A., dan Dewi, D. S. (2020). Sosialisasi Metode Belajar
Menyenangkan (Fun Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata
Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Minda Baharu 4 (1).