OPTIMALISASI PENGELOLAAN BUMDES SILA CHANDRA DESA BATUBULAN

Penulis

  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih
  • Putu Ayu Meidha Suwandewi
  • Ni Putu Lisa Novia Cahyani
  • I Gusti Ayu Sugiantini

Kata Kunci:

Pengabdian; Masyarakat; Plang; Pemasaran; Digital; BUMDes; Mahasiswa.

Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Pengabdian
kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar berlangsung selama 48 hari.
Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan visibilitas dan potensi pemasaran
BUMDes Sila Chandra di Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar, melalui dua program
kerja utama. Analisis situasi awal menunjukkan bahwa BUMDes menghadapi
tantangan dalam hal identitas fisik yang kurang menonjol dan pemanfaatan alat
pemasaran digital yang belum optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, program
pengabdian ini mengimplementasikan pembuatan plang BUMDes yang representatif
guna meningkatkan identitas dan aksesibilitas, serta inisiasi pemasaran digital melalui
pembuatan katalog elektronik sebagai alat promosi produk. Metode pelaksanaan
dimulai dari tahap observasi dan wawancara, persiapan kemudian pelaksanaan. Pihak
yang terlibat dalam program ini yaitu Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar
dan Staf BUMDes Sila Chandra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya
plang ini bisa memberikan kebaikan sederhana yang mana membantu menunjukan
keberadaan BUMDes. Kedua, dengan adanya katalog elektronik, dapat membangun
citra yang baik di masyarakat dan juga sebagai wadah untuk menjalin hubungan yang
bersifat kreativitas dan kapabilitas serta sebagai alat promosi. Implementasi kedua
program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan
terhadap keberadaan BUMDes, memperluas jangkauan pasar, memfasilitasi interaksi
dengan konsumen, dan pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan
kemandirian BUMDes Sila Chandra.

Referensi

Adi, N. (2006). E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia

Maya. Bandung: Informatika Bandung.

Aryani Soemitro, R.A., & Suprayitno, H. (2018). Pemikiran Awal Tentang Konsep

Dasar Manajemen Aset Fasilitas. Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur &

Fasilitas, 2(0), 1–14.

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh

Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha

Milik Desa

Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Peraturan

Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi desain grafis untuk periklanan. Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan ajar kursus dan pelatihan desain

grafis: pengantar desain grafis level 1.

Yudiardi, D., & Hasyim, S. B. (2020). Sosialisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik

Desa (BUMDes) Cisangkal Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Budaya dan

Masyarakat, 1(1), 16-19.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik

Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15-22.

Diterbitkan

2025-07-01