PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI DIGITAL UMKM PENGERAJIN LAMPU DI BANJAR DINAS SAKAH BATUAN KALER
Kata Kunci:
UMKM, pengabdian masyarakat, promosi digital, kerajinan lampu.Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan promosi digital bagi UMKM pengrajin lampu di Banjar Dinas Sakah,
Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. UMKM di daerah ini,
khususnya yang bergerak di bidang kerajinan lampu, memiliki produk bernilai seni
tinggi, namun masih terbatas dalam hal promosi dan pemanfaatan teknologi digital
untuk meningkatkan daya tarik toko. Melalui pelatihan pembuatan konten promosi
menggunakan media sosial dan desain serta pemasangan plang nama usaha, kegiatan
ini memberikan solusi untuk meningkatkan visibilitas usaha. Pelatihan mencakup
teknik pembuatan video promosi, penggunaan aplikasi editing sederhana, serta
publikasi di platform media sosial seperti Instagram. Selain itu, pembuatan plang nama
yang jelas dan menarik diharapkan dapat memperkuat identitas visual toko. Hasil dari
kegiatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan UMKM dalam memanfaatkan
media sosial dan meningkatkan visibilitas usaha, yang dapat memperkuat daya saing
dan mendukung pengembangan ekonomi lokal.
Referensi
Atmaja, N. P. C. D., Sukerta, I. M., & Januarta, I. W. (2021, December). Pemanfaatan
Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali di Desa
Batubulan Kangin. In PROSIDING SEMINAR REGIONAL Pengabdian Kepada
Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19
Tahun 2021.
Erawan, A. P. D., Aditya, I. G. W., Juniarta, I. W., Permana, I. M. A. S., & Baskara,
I. M. W. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan
Literasi Digital Umkm Desa Keramas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(1), 200-205.
Fadli, S., Murniati, W., Saikin, S., Pirmansyah, P., & Musofa, A. (2024). Pengabdian
Masyarakat Pemula Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran Kelompok
Umkm Pengrajin Pandan Berbasis Platform Digital. Community Development
Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9016-9025.
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat
Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang
Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73-85.
Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm
di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi
Profesional, 4(2).
Paramitha, A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan
Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi
Masyarakat, 4(2), 276-283.
Pratama, I. W. A. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Umkm Kube Saraswati
Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Wisata Jatiluwih, TabananBali. Bina Cipta, 2(1), 1-10.
Setiyani, A., Yuliyanti, T., & Rahmadanik, D. (2022). Pengembangan UMKM di Desa
Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah
Multidisiplin, 1(3), 425-433.
Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., &
Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya
Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat
Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159.
Wulandari, L. P. P. P., Eka, I. G. N. A. G., Kusuma, T., & Atmaja, N. P. C. D. (2023).
Pengaruh Variasi Produk, Electronic Service Quality Dan Word Of Mouth
Terhadap Minat Beli Pada Toko Jamu Juice Dalung. VALUES, 4(2), 379-394.