PENDAMPINGAN CALISTUNG METODE BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BATUAN

Penulis

  • Pande Ketut Ribek
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti
  • Ni Putu Erika Intan Cahyani Putri
  • Ida Ayu Putu Surya Widyantari

Kata Kunci:

Pendidikan, Calistung, Pengabdian Masyarakat, Bimbingan Belajar, SD Negeri 3 Batuan, Kolaborasi Orang Tua.

Abstrak

Pendidikan merupakan sektor yang paling dominan dalam pembangunan
sumber daya manusia (SDM), salah satu aspek penting dalam pendidikan dasar adalah
keterampilan dalam membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Berdasarkan hasil
Program For International Student Assessment (PISA) penilaian kualitas pendidikan
di Indonesia periode 2022 hasilnya mengalami penurunan signifikan, termasuk
keterampilan literasi, matematika, dan sains. Hal ini berdampak pada pencapaian
target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Oleh sebab itu, diperlukannya
kolaborasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama di tingkat sekolah
dasar. Penelitian ini berfokus pada pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SD
Negeri 3 Batuan, Kabupaten Gianyar, Bali untuk membantu siswa kelas 1 yang
mengalami kesulitan dalam calistung. Metode yang digunakan dalam bimbingan
belajar ini menggunakan powerpoint, booklet, dan latihan soal. Kegiatan ini dilakukan
untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf abjad, membaca kata
sederhana, serta pengurangan dan penjumlahan dasar. Berdasarkan hasil evaluasi
kemampuan siswa dalam calistung menunjukkan peningkatan, meskipun beberapa
siswa masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut. Pengabdian masyarakat ini
juga memperlihatkan pentingnya kolaborasi anatara sekolah, guru, dan orang tua untuk
pendampingan pembelajaran di rumah. Oleh sebab itu, disarankan pendampingan
lebih lanjut, penggunaan media interaktif dalam pembelajaran agar lebih menarik,
serta menyediakan fasilitas pelatihan bagi guru untuk meningkatkan pembelajaran.
Kata Kunci: Pendidikan, Calistung, Pengabdian Masyarakat, Bimbingan Belajar, SD
Negeri 3 Batuan, Kolaborasi Orang Tua.

Referensi

Ambrullah, A. R. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar

di Rumah Calistung Kereng Bangkirai. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 2(2).

Darmayanti, N. W. S. (2024). Pendampingan dan pelatihan calistung (baca tulis dan

behitung) di SDN 1 Cempaga yang mengalami kesulitan dalam membaca

menulis dan berhitung. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Berkemajuan, 8(2).

Herdiana, M. B. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Calistung di SDN 573. Abdimas

Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 (1). Sekretaris Negara Republik.

LPPM.(2022). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati

Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: LPPM Unmas

Denpasar.

Rahman, S. H. (2024). "Pengabdian Masyarakat Melalui Pengajaran Calistung pada

Anak-Anak di Desa Narmada". GHIRAH, 3(1).

Sagala, I., Manalu, P., Simanjuntak, P., Lumbanbatu, E., Simamora, S. F., &

Pangaribuan, F. (2022). Pendampingan Siswa SD Terhambat CALISTUNG

dengan Remidial melalui Kearifan Lokal dan Interaksi Sosial di SD Negeri

Bandar Huta Usang Kabupaten Dairi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3),

1029–1036.

Suwarma, D. M. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan

Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Communnity Development

Journal, 4(2).

Saputra, W. Y. (2024). Banyak pelajar Indonesia tak bisa berhitung, Prabowo akan

kenalkan matematika sejak TK – ‘Saya tanya berapa 6+8, mereka jawab 12’.

BBC NEWS. Diambil kembali dari https://www.bbc.com/indonesia/ article

(Diakses pada tanggal, 17 Maret 2025)

Zukhrufa, A. R. (2021). Pendampingan Mengajar Pada Kompetensi Membaca,

Menulis, Berhitung Pada Masa Transisi Di Sdn Pangulah Selatan Iii.

Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(XVI).

Diterbitkan

2025-07-01