KENDALA-KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA SEMESTER IV B PSP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNMAS DENPASAR

Authors

  • Dewa Gede Bambang Erawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eminda Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Pandemi Covid - 19 mengubah metode pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Terlepas dari kelebihan-kelebihan pengimplementasian PJJ, dipandang perlu untuk melakukan sebuah kajian terkait dengan kendala-kendala pengimplementasian PJJ dalam pembelajaran. Kendala-kendala yang berhasil diidentifikasi akan menjadi bahan evaluasi terkait dengan langkah-langkah perbaikan PJJ kedepan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini penting dilakukan terkait dengan upaya pengidentifikasian kendala-kendala pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid 19 khususnya pada mahasiswa semester IV B PSP Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: lembar observasi, angket, dan kuesioner. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini berupa kendala pengimplementasian PJJ pada mahasiswa IV B PSP Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar  yang meliputi: jaringan internet, model pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam pembelajaran masih berpusat kepada dosen, serta ada beberapa dosen yang hanya menyampaikan materi perkuliahan melalui WaG tanpa ada penjelasan menggunakan video converence (video konferensi). Tugas yang diberikan kepada mahasiswa terkadang tidak dibahas dan didiskusikan yang menyebabkan mahasiswa kecewa, tanpa pernah mengetahui hasil yang diperoleh dari tugas-tugas yang sudah dikerjakan.

References

Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2021). Analisis Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Daring di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan

Mandalika. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3), 123-131.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.

Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145-145.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Moore, M.G, &Greg,K. (1996). Distance education: A system view. Belmont: Wadsworth Publishing co.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books. Putra, R. A., & Bangunan, P. V. K. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324, 4.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 2(2).

Warsita, B. (2007). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. TEKNODIK, 9.

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles