MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENURUT ALIRAN PROGRESIVISME

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

merdeka belajar, Bahasa Indonesia, Progresivisme

Abstract

Progresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan diIndonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan berpikir kritis, termasuk didalamnya ilmu budaya dasar ,diantaranya pembelajaran bahasa Indonesia ,yang diajarkan sejak pendidkan dasar sampai perguruan tinggi.  Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak pendidikan secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara.

References

Barnadib, I. (1997). Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode. Cetakan ke 9. Yogyakarta: Andi Publishing.

Barnadib, I. (2002). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa Depdikanas. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Dewey, J. (1950). Democacy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education. USA: The Macmillan Company

Dewey, J. (1963). Freedom and Culture. USA: Capricorn Books Edition

Kemendikbud. (2019). “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar”. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia

Djumransjah. (2002). Filsafat Pendidikan. Jawa Timur: Bayumedia Publishing

Gutek, G. L. (1997). Philosofical Alternatives in Education. Loyala University of Chaniago

Muhmidayeli, M. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Mustaghfiroh, Siti. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 1.

Ornstein, A. C. & Levine, D. U. (1985). An Introduction to The Foundation of Education. New York: Hungton Mifflin Company

Sadullah, U. (2003). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles