MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENURUT ALIRAN PROGRESIVISME
Keywords:
merdeka belajar, Bahasa Indonesia, ProgresivismeAbstract
Progresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan diIndonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan berpikir kritis, termasuk didalamnya ilmu budaya dasar ,diantaranya pembelajaran bahasa Indonesia ,yang diajarkan sejak pendidkan dasar sampai perguruan tinggi. Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak pendidikan secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara.
References
Barnadib, I. (1997). Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode. Cetakan ke 9. Yogyakarta: Andi Publishing.
Barnadib, I. (2002). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa Depdikanas. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Dewey, J. (1950). Democacy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education. USA: The Macmillan Company
Dewey, J. (1963). Freedom and Culture. USA: Capricorn Books Edition
Kemendikbud. (2019). “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar”. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia
Djumransjah. (2002). Filsafat Pendidikan. Jawa Timur: Bayumedia Publishing
Gutek, G. L. (1997). Philosofical Alternatives in Education. Loyala University of Chaniago
Muhmidayeli, M. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama
Mustaghfiroh, Siti. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3, No. 1.
Ornstein, A. C. & Levine, D. U. (1985). An Introduction to The Foundation of Education. New York: Hungton Mifflin Company
Sadullah, U. (2003). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta