KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII EDISI REVISI DENGAN SILABUS KURIKULUM 2013

Authors

  • Sang Ayu Putu Sriasih Fakultas Bahasa dan Seni Undikhsa
  • I Made Astika Fakultas Bahasa dan Seni Undikhsa
  • Ni Made Ria Wisudariani Fakultas Bahasa dan Seni Undikhsa

Keywords:

buku teks, kurikulum 2013

Abstract

Kebijakan pemberlakukan Kurikulum 2013 menimbulkan dampak bagi seluruh komponen pendidikan. Salah satunya adalah buku teks. Sebagai guru kedua bagi siswa yang memberikan pengetahuan yang sangat banyak kepada siswa tanpa batas waktu dan tanpa batas jangkauan materi, serta dapat digunakan di mana saja, kapan saja, buku teks harus disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang berlaku. Setakat dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis tataan materi pelajaran dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII penunjang Kurikulum 2013 dan mengevaluasi kesesuaian antara buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII dengan silabus Kurikulum 2013. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tataan materi dalam buku teks sangat sistematis, ada 9 bab dengan masing-masing empat subbab yang menunjukkan aspek pengetahuan dan keterampilan. materi pelajaran dalam buku teks tertata atas 9 bab yang masingmasing bab terdiri atas 4 subbab yang menunjukkan dua komponen pengetahuan dan dua komponen keterampilan. Terdapat kesesuaian materi antara buku teks dan silabus. Setiap KD dan materi pokok dalam silabus telah didukung dengan materi pokok dan deskripsi materi secara runtut dan sistematis oleh buku teks. Hal ini sangat logis karena buku teks telah mengalami dua kali revisi. Hasil penelitian mengimplikasikan buku teks kelas VIII layak dimanfaatkan dalam mendukung proses pembelajaran baik secara daring maupun luring.

References

Imamah, Nur Aini Azmi & Ni Made Rai Wisudariani. 2019. Analisis Kualitas Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI Terbitan Erlangga. EJournal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud, 2019. Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (penyederhanaan RPP).

Maulida, Diyas. 2018. Telaah Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Terbitan Erlangga Ditinjau dari Segi Fungsi, Nilai, dan Kualitas. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha.

Mappiara, Zahra Atika dan Munirah, Muh. Arif, 2020. Analisis Bahan Ajar dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (Ditinjau dari Segi Isi dan Pengembangan Kognitif Anak). Jurnal Pendais, Vol. 2 No. 1, Juni 2020.

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. H.E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Perubahan KI KD Kurikulum 2013 Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta. (diunduh 20 Oktober 2021).

Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penilaian Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/Mts dan SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Sari Indah, Fatehatun Nikmah. 2018. Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, Vol 2 No. 1, 2018.

Satori, Djam’an dan Aan, Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sriasih, Sang Ayu Putu. 2014. Telaah Buku Teks. Modul (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Tarigan H.G. dan J. Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles