ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ni Luh Sukanadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Agus Ambara Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Satria Faithfull Muttabi Mi'raj Muchtar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasarr

Keywords:

analisis kesalahan berbahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam diskusi pembelajaran bahasa Indonesia, penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berbahasa Indonesia meliputi kesalahan secara fonologis, morfologis, sintaktis, semantis, kohesi, koherensi, dan logika dalam proses diskusi yang dilakukan siswa. Saran dari penelitian ini, guru dapat menggunakan hasil analisis mengenai kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa sebagai bahan refleksi pembelajaran.

References

Alwasilah, A. C. (1985). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.

Muslich, M. (2010). Garis-Garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika

Aditama. M. (1994). Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pateda, M. (1989). Analisis Kesalahan Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Slamet, Y. (2012). Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles