GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI TABEL PENDAPAT DI SMA NEGERI 2 MENGWI

Authors

  • Ni Luh Eka Purnami Pinatih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

literasi, tabel pendapat, SMA Negeri 2 Mengwi

Abstract

Penilitian gerakan literasi di SMA Negeri2 Mengwi ini memilikitujuan untuk mengetahui gerakan literasi yang dilakukan dengan menggunakan tabel pendapat dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari penggunaan tabel pendapat ini dalam pelaksanaan literasi wajib di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dari data siswa dalam pengumpulan datanya. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Negeri 2 Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan literasi yang dilakukan SMA Negeri 2 Mengwi menerapkan tabel pendapat untuk menunjang kegiatan literasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Tabel pendapat wajib literasi ini berisikan kolom sederhana yang berisikan, resume atau cerita singkat dari buku yang dibaca, halaman buku, tanggal, hari dan tentu saja kolom pendapat, yang dimana para siswa bebas untuk beragumentasi mengenai buku yang dibacanya, guru juga akan membimbing siswanya bagaimana cara untuk beragumentasi yang baik dan benar. Kelebihan tabel pendapat dalam pelaksanaan literasi adalah efektif sebagai media pelaksanaan wajib literasi untuk siswa, meningkatkan kreativitas untuk beragumentasi, dan mengembangkan cara berpikir kritis. Kelemahannya yakni, siswa bisa saja membuat resume di rumah, siswa cepat bosan untuk menulis resume, dan siswa bisa saja hanya mencari sinopsis novel yang dibaca.

References

Ali, A. M. D., & Yusof, H. (2011). Quality and qualitative studies: The case of validity, reliability, and generalizability. Issues in Social and Environmental Accounting, 5(1/2), 25-26

Basri, H. (2014). Using qualitative research in accounting and management studies: not a new agenda. Journal of US-China Public Administration, October 2014, Vol.11, No.10, 831- 838. DOI: 10.17265/1548-6591/2014.10.003

Cholid Narbuko dkk. (1997) Metodologi Penelitian Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2016). Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Budaya Literasi.

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia.

Nana Sudjana,( 1998) Penelitian dan Penilaian . Bandung : Sinar baru

Nur Indani. ( 2019 ). Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 10 Palembang.Malang : Riset Unisma

Titik Wulandari. ( 2019 ) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 5 Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Vanbela, V. T., Fuad, N., & Marini, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. 2(2), 1–13

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles