INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MELALUI KURIKULUM 2013

Authors

  • I Nengah Martha Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Iternalisasi, pendidikan karakter, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan utama dari kajian ini adalah: 1) untuk memaparkan bagaimana seharusnya pendidikan karakter dilaksanakan melalui Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan menengah, 2) untuk melihat keserasian pengembangan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan kebijakan makro yang terkait pendidikan karakter. Untuk mencapai tujuan ini penelitian dikemas dalam bentuk kajian pustaka (library research) dan juga melibatkan kajian CIPP (Contextual Implementation Program and Progress). Hasilnya dipaparkan secara deskriptif. Temuannya: 1) pendidikan karakter dapat dilakukan dengan cara insersi dan strategi, 2) ada keserasian cara pendidikan karakter pada kebijakan makro (pilar pendidikan Asia) dengan pendidikan karakter pada Kurikulum 2013. Disarankan, agar guru-guru mencermati lebih dalam tentang pendidikan karakter tersebut.

References

Jawa Pos. “Integrasi Empat Pilar Unesco dalam Sistem Pendidikan Indonesia” [online]. Tersedia: https://radarjogja.jawapos.com. Diakses tgl 20 Oktober 2021.

Kemendikbud. 1014. Kurikulum 2013. Permendikbud RI No. 160, Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Madernach. 2003. “Authentic Assessment” [Online].Tersedia: http://www.park.edu/cetl/quicktips/authassess.html. Diakses, tgl.10 Januari 2010.

McDonald. 1992. “What is Authentic Assessment” [Online]. Tersedia: http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisit.htm . Diakses, 10 Januari 2011.

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas, 1918 “Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Budaya Bangsa” [online]. Tersedia: https://ranahteknologi.wordpress.com. Diakses tgl. 19 Oktober 2021.

Wiggins, G. 1993. Assessing Students Perf

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles