Needs Analysis Kemampuan Menulis Akademik
Keywords:
menulis akademik, bahasa Inggris, kebutuhan mahasiswa, tantangan, dosen pengajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa dalam mata kuliah Menulis Akademik dari sudut pandang dosen pengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun peserta dalam penelitian ini adalah tiga dosen pengampu mata kuliah academic writing di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tahun ajaran 2023-2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara lisan secara mendalam dan semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, kesulitan dalam penggunaan tanda baca, pengembangan ide, dan paraphrasing. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan menulis mahasiswa antara lain kurangnya kebiasaan menulis dalam bahasa Inggris, kurangnya motivasi belajar, dan kurangnya penekanan pada pentingnya kemampuan menulis. Rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa termasuk memberikan umpan balik, eksposur pada contoh tulisan akademik, dan mendorong mereka untuk menulis di luar zona nyaman. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan kemampuan menulis akademik mahasiswa dapat meningkat secara signifikan.