Bentuk Lingual Dan Proses Sintaksis: Penamaan Gerai Bisnis Kopi Kategori Eksklusif di Kota Depok

Authors

  • Nico Harared Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
  • Syahyuri Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI
  • Riyanto Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

sintaksis, penamaan, gerai kopi, Depok

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nama gerai bisnis kopi ekslusif berdasarkan satuan lingual dan proses sintaksis. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi pada beberapa gerai bisnis kopi eksklusif di kota Depok. Metode pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan dokumentasi dengan menggunakan kamera gawai (smartphone). Berdasarkan hasil analisis bentuk lingual dan proses sintaksis penamaan gerai bisnis kopi ekslusif di Kota Depok, dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat dua bentuk lingual pada penamaan gerai bisnis kopi ekslusif di kota Depok, yakni bentuk kata dan frasa. Seperti pada penggunaan kata pada nama gerai Starbuck, dan Fore. Hal ini dikarenakan dua nama tersebut sudah memiliki basis pelanggan loyal dan tidak perlu menambahkan kata coffe pada nama gerainya. (2) Terdapat 8 struktur sintaksis pada penamaan gerai bisnis kopi ekslusif di kota Depok, yakni nomina, nomina + nomina, nomina + adjektiva, nomina + verba, nomina + preposisi + nomina, verba + nomina, adverbia + nomina, adjektiva + nomina. Pola penamaan gerai kopi ekslusif cenderung mengikutsertakan kata KOPI atau COFFE sebagai CTA atau call to action bagi para penggemar kopi terutama di daerah urban, sedangkan nama brand sendiri memiliki sebuah value sehingga didapatkan struktur penamaan yakni, value + CTA ataupun sebaliknya karena struktur seperti ini dinilai lebih berterima di masyarakat perkotaan. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya akan difokuskan pada penamaan gerai bisnis lainnya guna memperkaya penelitian lanskap linguistik mengenai penamaan pada bisnis F&B. Hal ini terjadi karena di era sekarang, penamaan bisnis sedang berkembang dan menarik perhatian. 

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles