FAKTOR PENGHAMBAT PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Komang Dian Puspita Candra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Yogi Marantika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cahyani Putri Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Angga Saputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Renata Utami Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

anak usia dini, faktor penghambat, pemerolehan bahasa pertama

Abstract

Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini merupakan elemen terpenting yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Fase ini sangat menentukan bagaimana seorang anak dapat berkomunikasi dengan lancar dan efektif di masa mendatang. Oleh sebab itu,
faktor-faktor yang dapat menjadi penghambat dalam pemerolehan bahasa perlu mendapatkan perhatian khusus. Melihat fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penghambat pemerolehan bahasa pertama yang terjadi pada anak usia dini dan menggambarkan kondisi anak-anak tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lima subjek terpilih. Metode wawancara dilakukan terhadap orang tua anak-anak tersebut untuk mempertajam analisis pada data. Hasil
penelitian menggambarkan bahwa faktor-faktor penyebab terhambatnya pemerolehan bahasa anak adalah 1) kurangnya interaksi dua arah dengan orang tua maupun orang di sekitar anak, 2) meningkatnya penggunaan gadget oleh anak, 3) kurangnya atensi anak saat diajak berkomunikasi, dan 4) pengenalan bahasa asing yang terlalu dini pada anak. Selanjutnya, kondisi anak yang mengalami hambatan dalam memperoleh bahasa pertamanya terlihat pada saat mereka hanya mampu berkomunikasi dalam bentuk kata, bukan frasa, bahkan kalimat. Selain itu, ketika berkomunikasi, kontak mata anak-anak tersebut cenderung jarang sehingga tidak terjadi komunikasi dua arah. Dengan melihat kondisi ini, orang tua perlu memberikan perhatian dan meningkatkan intensitas dalam
mengikutsertakan anak dalam komunikasi dengan bahasa pertama mereka.

Downloads

Published

2023-07-22

Issue

Section

Articles