PERSONOLOGI TOKOH MASHIBA KURUMI DALAM DRAMA KIKAZARU KOI NIWA RIYUU GA ATTE

Authors

  • Rizqi Muflikhah Universitas Dian Nuswantoro
  • Sri Oemiati Universitas Dian Nuswantoro
  • Budi Santoso Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

Personologi; Henry Murray; Kikazaru Koi Niwa Riyuu Ga Atte

Abstract

Penelitian ini membahas personologi tokoh Mashiba Kurumi dalam serial drama Kikazaru Koi Niwa Riyuu Ga Atte menggunakan kajian personologi milik Henry Murray. Serial drama Kikazaru Koi Niwa Riyuu Ga Atte menceritakan tentang Mashiba Kurumi yang merupakan Influencer dari perusahaan bernama “el Arco Iris”, sebuah perusahaan desain interior yang menjadi populer di kalangan anak muda di media sosial. Mashiba Kurumi tipe orang yang bekerja keras, hingga dia memiliki 100.000 pengikut di akun media sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui need dari tokoh Mashiba Kurumi. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa need dari tokoh Mashiba Kurumi adalah Achievement, Affiliation, Counteraction, Difference dan Nuturance.

Author Biographies

Rizqi Muflikhah, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Ilmu Budaya

Sri Oemiati, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Ilmu Budaya

Budi Santoso, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Ilmu Budaya

Downloads

Published

2023-07-22

Issue

Section

Articles