KESALAHAN BAHASA TULIS PADA KARANGAN BERBAHASA INDONESIA KARYA PEMELAJAR BIPA INCULS UGM TINGKAT MENENGAH

Authors

  • Ni Komang Diah Restu Swari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
  • I Dewa Putu Wijana Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada

Keywords:

kesalahan bahasa tulis, karangan bahasa Indonesia, pemelajar BIPA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan bentuk-bentuk kesalahan bahasa tulis pada tulisan pemelajar BIPA tingkat menengah di INCULS (Indonesian Language and Culture Learning Service), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terindikasi mengandung kesalahan pemilihan diksi, tata bahasa (afiksasi dan struktur kalimat), dan penggunaan tanda baca. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari karangan berbentuk tulis yang dibuat oleh pemelajar INCULS sebagai pemenuhan tugas menulis di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik distribusional. Penganalisisan data dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (1) pengklasifikasian bentuk kesalahan, (2) penguraian bentuk kesalahan, dan (3) memperbaiki kesalahan. Data disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan lima karangan pemelajar BIPA, ditemukan sebanyak 70 kalimat yang terindikasi mengandung kesalahan bahasa tulis. Kesalahan terbanyak ditemukan pada kesalahan struktur kalimat dengan persentase 40%, kemudian kesalahan diksi dengan persentase 32,85%, ketiga kesalahan penggunaan tanda baca dengan persentase 14,3%, dan terakhir kesalahan penggunaan afiksasi dengan persentase 12,85%. Kesalahan bahasa tulis dapat disebabkan oleh interferensi dari bahasa pertama pemelajar BIPA dan kurangnya pemahaman akan tata bahasa serta kosa kata dalam bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-22

Issue

Section

Articles