PENGARUH TEKNIK CLUSTERING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA ITB STIKOM BALI

Authors

  • I Gede Putu Adhitya Prayoga Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Keywords:

Teknik Clustering, Keterampilan Menulis, Teknik Konvensional

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki apakah ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi menulis mahasiswa yang diajarkan melalui Teknik Clustering dan Teknik Konvensional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat ITB STIKOM Bali. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, desain penelitian post test-only control group diterapkan sebagai desain penelitian. Kedua kelas tersebut dipilih secara acak sebagai sampel, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Setelah sesi pengajaran, post-test dilakukan untuk mengetahui hasil. Data diperoleh dari analisis statistik deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 76,21 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 69,25. Statistik inferensial menunjukkan bahwa perbedaan mahasiswa yang diajar melalui Teknik Clustering dan Teknik Konvensional terbukti signifikan dengan nilai t teramati (3,319) lebih tinggi dari nilai t (1,6698). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi menulis mahasiswa yang diajarkan melalui Teknik Clustering dan Teknik Konvensional.

Downloads

Published

2023-07-22

Issue

Section

Articles