GASTRODIPLOMASI JEPANG SEBAGAI SOFT POWER DALAM SERIES NETFLIX THE ROAD TO RED RESTAURANT LIST
Keywords:
gastrodiplomasi, softpower, Jepang, makananAbstract
Penelitian ini berisi bahasan tentang “Gastrodiplomasi Jepang sebagai Soft Power dalam Series Netflix The Road to Red Restaurant List”. The Road to Red Restaurant List merupakan serial Jepang yang terdiri dari 12-episode yang menampilkan berbagai macam jenis kuliner yang sangat unik, menarik, dan dikemas dalam cerita dan penyajian yang menarik untuk ditonton sehingga memudahkan para penikmat kuliner memahami tentang masakan – masakan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara masyarakat Jepang memperkenalkan kekayaan kulinernya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme menurut Bronislaw Malinowski. Berdasarkan analisis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa masyarakat Jepang dalam memperkenalkan makanannya dengan cara menampilkan kisah yang melatarbelakangi awal mula pembuatan makanan dan cara pembuatannya makanan tersebut.