APPLYING THE ENGLISH SIMPLE CODE TO IMPROVE STUDENTS’ COMMUNICATIVE SPEAKING ABILITY IN GRADE VIII OF SMP YAPIS BIAK

Authors

  • Herlandri Eka Jayaputri Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak
  • M. Fahruddin Aziz MT Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Biak

Keywords:

Kemampuan berbicara komunikatif, Teori Simple Code, Pemerolehan Bahasa Kedua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara komunikatif berbicara pada siswa dengan menggunakan teori simple code. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dari mengidentifikasi masalah siswa, merancang rencana, menerapkan ekspresi praktik kelas (sesuai dengan teori simple code), mengamati, dan merefleksi dalam setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa yang memiliki nilai terendah dalam kemampuan berbicara komunikatif sesi observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara komunikatif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya (siklus I: 55,26; siklus II: 63,75; dan siklus III 78,00). Oleh karena itu, penerapan ungkapan praktik kelas dalam percakapan guru dan siswa berguna untuk memperoleh bahasa target (Bahasa Inggris) pada tingkat menengah-rendah. Selain itu, umpan balik yang tertunda memberikan koreksi diri dan koreksi rekan di antara peserta didik secara tidak sadar. Kemudian, menciptakan kegiatan yang menarik dapat membangun kepercayaan diri dalam berinteraksi antar siswa. Aspek-aspek tersebut dapat memberikan filter afektif yang rendah, sehingga mereka memiliki kecemasan yang rendah dalam proses belajar.

Downloads

Published

2022-07-30

Issue

Section

Articles