PEMAKNAAN GAYA BAHASA PADA IKLAN “ENERGEN: SARAPAN SUPER” MELALUI KAJIAN PRAGMATIK
Keywords:
gaya bahasa, iklan, pragmatik, peristiwa tutur, tindak tuturAbstract
Perkembangan iklan sebagai media promosi produk atau jasa melalui layar televisi berkembang sangat pesat hingga saat ini. Kekuatan iklan televisi tidak hanya ditampilkan dengan elemen visual yang bernilai estetis, namun juga memiliki daya tarik melalui elemen verbal yang mendukung. Keterkaitan audio dalam bentuk verbal dan visual dalam gambar bergerak yang merupakan hal yang menarik untuk dianalisis, mengingat keberhasilan iklan dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan, sangat dipengaruhi oleh dua elemen ini. Kajian pragmatik terkait dengan pemaknaan gaya bahasa pada iklan “Energen: Sarapan Super” difokuskan pada makna gaya bahasa melalui dialog dan adegan dengan mengkaji peristiwa tutur (speech events) dan tindak tutur (speech acts) yang dimunculkan dalam iklan. Teori tekait yang digunakan dalam kajian ini meliputi teori pragmatik tentang peristiwa tutur oleh Hymes (1972) dan teori tindak tutur oleh Ibrahim (1993), serta teori terkait dengan gaya bahasa oleh Keraf (2010). Hasil yang diperoleh dalam kajian ini menunjukkan bahwa, implementasi gaya bahasa pada peristiwa tutur dan tindak tutur dalam iklan “Energen: Sarapan Super” merupakan unsur yang sangat mempengaruhi keberhasilan iklan dalam mewujudkan fungsi iklan sebagai media media promosi produk energen kepada target konsumen yang dituju