DIGITAL LITERACY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI VOKASI
Keywords:
digital literacy, pembelajaran bahasa inggris, ESP, perguruan tinggi vokasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi digital literacy terhadap pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di Perguruan Tinggi Vokasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan single case study design. Populasi penelitian ini adalah Taruna Program Studi LLU (Lalu Lintas Udara) dan Dosen Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penguasaan Digital Literacy yang sebaiknya dimiliki oleh tiap individu. Digital Literacy bukan hanya menyangkut tentang kemampuan dalam mencari, menemukan, mengevaluasi, membuat, memanfaatkan hingga menyebarkan kembali informasi tersebut, namun juga kemampuan untuk memahami bagaimana menjaga etika dalam pemanfaatan teknologi informasi. Taruna juga menjadi lebih mandiri dalam belajar dan tidak bergantung pada Dosen sebagai sumber informasi dari materi yang dipelajari. Penggunaan Digital Literacy mampu mendukung dan memfasilitasi Dosen dan Taruna dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris